Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dosen Unesa Bagikan Tips Semangat Kuliah Lagi Usai Liburan

KOMPAS.com - Saat ini, mahasiswa harus kembali memulai perkuliahan usai libur semester ganjil kemarin. Maka harus siap kuliah di semester genap TA 2022/2023.

Biasanya setelah liburan, ada rasa malas untuk kembali ke bangku perkuliahan. Maka dari itu, butuh tips semangat kuliah bagi para mahasiswa.

Menurut dosen Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Siti Jaro’ah, S.Psi., M.A., ada masa transisi yang harus dilewati mahasiswa antara liburan dan kegiatan kuliah.

Maka dari itu, dibutuhkan semacam adaptasi diri dari suasana liburan ke kegiatan kuliah atau kerja. Ini tidak hanya dialami mahasiswa, tetapi juga pekerja.

"Yang adaptasinya bagus, cepat mengikuti ritme kegiatan kuliah, yang adaptasinya gagal biasanya cenderung berat dan ini berlangsung lama," ujarnya dikutip dari laman Unesa, Minggu (5/2/2023).

Untuk itulah dia memberikan tips semangat kuliah agar mahasiswa cepat beradaptasi dengan rutinitas baru setelah melalui libur panjang.

Tips semangat kuliah

1. Bisa memaknai liburan

Saat liburan, maka itu adalah waktu atau jeda untuk istirahat sejenak agar bisa mengawali kuliah atau pekerjaan dengan lebih semangat lagi.

Mahasiswa yang sebelumnya jauh dari orang tua dan lelah belajar atau mengikuti ujian bisa kembali semangat kuliah ketika sudah melihat orang tua yang bekerja keras di rumah.

"Agar kita tidak malas dalam memasuki proses transisi, kita harus sadar dahulu bahwa kita kuliah salah satunya untuk mewujudkan harapan orang tua," terangnya.

2. Punya imajinasi kuliah

Jika kamu merasa malas usai liburan, maka coba ubah menjadi energi semangat dengan membayangkan sisi positif dan keseruan kuliah.

Caranya bisa membayangkan diskusi dengan teman di kelas, mengerjakan tugas bareng teman, atau penelitian bareng dan sebagainya.

Dengan berimajinasi seperti itu memunculkan semacam perasaan ‘kangen’ atau gak sabar ingin kembali kuliah.

3. Selalu ingat tujuan kuliah

Adapun tips semangat kuliah berikutnya ialah dengan memperkuat atau ingat kembali tujuan hidup yang direncanakan atau ditargetkan sebelumnya.

Dengan meneguhkan kembali tujuan hidup yang telah dicita-citakan, secara tidak langsung dapat memunculkan semangat untuk memulai perkuliahan.

Selain itu, sebelum liburan mahasiswa juga bisa mengevaluasi hasil capaian belajar atau kuliahnya pada semester berikutnya, kurangnya di mana dan kelebihannya di mana sebagai dasar untuk menentukan rencana dan tindak lanjut pada semester berikutnya.

Orang yang punya tujuan dan target hidup, biasanya memiliki motivasi yang kuat untuk memulai kegiatan atau aktivitas yang mengarah pada tujuan hidupnya.

4. Lingkungan yang mendukung

Selain itu, tips semangat kuliah lainnya ialah terkait lingkungan pertemanan. Ini sangat mendukung untuk memulihkan perasaan agar tidak malas atau mempercepat mahasiswa dalam adaptasi memulai kembali kegiatan perkuliahan.

Ketika lingkungan pertemanan cenderung malas, maka virus malas itu akan menyebar ke yang lain. Sementara lingkungan pertemanan yang haus akan kuliah, maka akan tertular semangatnya.

Siti Jaro’ah juga menekankan bahwa lingkungan sangat mempengaruhi dan menentukan pembentukan karakter dan kebiasaan termasuk kebiasaan kuliah.

Sehingga perlu bagi mahasiswa selain menanamkan kesadaran diri dan mindset juga perlu mencari atau membentuk lingkungan yang mendukung agar tetap semangat kuliah dan dapat meraih prestasi.

https://edukasi.kompas.com/read/2023/02/07/110708071/dosen-unesa-bagikan-tips-semangat-kuliah-lagi-usai-liburan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke