Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Saat Wawancara Kerja "Ceritakan tentang Diri Anda", Ini Cara Jawabnya

KOMPAS.com - Bagi para lulusan baru (fresh graduate) dan ikut wawancara kerja, pasti bakal mendapat banyak pertanyaan. Karena itu, dibutuhkan pengetahuan agar bisa menjawab pertanyaan dari rekruiter.

Di dalam proses wawancara kerja, pasti HRD atau rekruiter akan bertanya "Ceritakan tentang diri Anda". Lantas bagaimana cara menjawabnya?

Senior Content Marketing RevoU, Ivy Vilory, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (10/2/2023), menjelaskan terkait pertanyaan "Ceritakan tentang diri Anda". Menurut dia, pertanyaan itu bisa disampaikan dalam beberapa kalimat, seperti:

  • “Silahkan perkenalan diri dahulu”
  • “Boleh kenalan dulu?”
  • “Kita bahas CVnya, yuk!”

Namun juga bisa dalam bentuk pertanyaan yang lain yang hampir sama. Lantas bagaimana cara menjawab yang tepat?

1. Tujuan dari “Ceritakan tentang Diri Anda”

Di setiap proses pendaftaran kerja, pewawancara memiliki tujuan tertentu yang ingin dicapai. Pertanyaan “Ceritakan tentang Diri Anda” bertujuan untuk menguji kesesuaian seorang kandidat dengan kriteria yang dibutuhkan untuk posisi tersebut.

Maka, jawaban yang tepat adalah memberikan informasi tentang diri kamu yang relevan dan sesuai dengan posisi yang diinginkan.

Sebagai contoh, jika kamu mendaftar sebagai Digital Marketing Specialist maka ceritakan bagian dari diri kamu yang relevan dengan pekerjaan itu. Misalkan peran kamu sebagai divisi marketing di organisasi kampus, atau menjalankan magang.

Namun, bukan berarti bagian diri kamu yang lain tidak menarik, tapi ini bukanlah saat yang tepat untuk menceritakan keseluruhan kisah hidup karena bisa mempersulit pewawancara mencapai tujuannya.

2. Cara menjawabnya

Menjawab pertanyaan “ceritakan tentang diri anda” pada dasarnya adalah kesempatan untuk ‘menghidupkan’ kata-kata yang tertulis di CV maupun cover letter dengan menjelaskannya secara verbal.

Ketika kita mendapatkan undangan untuk wawancara, asumsinya adalah pewawancara sudah tertarik dengan versi diri kita yang dibaca di CV dan ingin mengenal lagi lebih dalam tentang sosok yang tertulis di dokumen tersebut.

Jadi, Anda bisa menjelaskan mengenai diri Anda, seperti:

  • Apa kualitas diri yang ingin ditonjolkan?
  • Apa pekerjaan atau pengalaman yang relevan dengan posisi ini?
  • Kenapa kamu ingin bekerja di posisi dan perusahaan tersebut?

Perlu diingat bahwa kamu adalah satu dari sekian ratus bahkan ribu kandidat lainnya. Kamu hanya memiliki waktu terbatas untuk menunjukkan bahwa kamu adalah kandidat yang bisa memberikan performa terbaik untuk posisi tersebut, bahkan terkadang hanya 15 menit.

Jadi, apa yang harus dilakukan? Maka kamu harus bisa menjelaskan sesuatu yang berbeda dari pada lainnya.

3. Beri kesan pada pewawancara

Selain itu, ada 2 hal yang tidak banyak diketahui orang namun akan memberikan nilai tambah jika dipersiapkan sebelum wawancara:

Tips pertama ialah carilah informasi tentang pewawancaranya.

Secara teknis, mengetahui apakah pewawancara dari bagian Human Resource (HR) atau user akan membantu kamu untuk menyesuaikan jawabanmu terutama yang berhubungan dengan istilah-istilah.

Selain itu, jika kita sudah mengenal sosoknya, kita dapat memanfaatkan informasi tersebut untuk membangun koneksi kemanusiaan dengan individu tersebut. Carilah persamaan yang dimiliki, misalkan kalian adalah alumni dari universitas yang sama atau memiliki ketertarikan topik yang serupa.

Wawancara sejatinya adalah perbincangan antara dua orang, dengan topik yang sudah ditentukan. Ketika kita berbincang dengan orang dan menemukan koneksi, tentunya akan lebih besar kemungkinan untuk pelamar tersebut diingat diantara kandidat lainnya.

Tips kedua ialah latihan.

Kamu tidak perlu menghafalkan setiap kalimat dari jawaban yang sudah dipersiapkan, namun memahami setiap poin penting yang perlu disebutkan. Kamu bisa berlatih dengan mengucapkannya secara lantang di depan cermin.

Jika berani, kamu juga bisa mencoba mock-up interview dengan temanmu dan meminta feedback agar kamu bisa memberikan jawaban yang terbaik saat wawancara sesungguhnya.

Latihan akan membantu kamu mengetahui tingkat pemahamanmu tentang topik yang akan kamu bahas. Semakin paham, maka kamu juga akan semakin percaya diri.

Hasilnya adalah kamu dapat menjadi lebih santai dan justru menunjukkan kepribadianmu dengan jujur dalam kesempatan waktu yang singkat.

Jadi, wawancara yang baik adalah ketika perbincangan berjalan lancar selayaknya dua kerabat sedang bercerita.

Bagi yang ingin tahu tentang RevoU, maka bisa membuka laman resmi dengan klik RevoU.

https://edukasi.kompas.com/read/2023/02/10/105700771/saat-wawancara-kerja-ceritakan-tentang-diri-anda-ini-cara-jawabnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke