Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cek Jurusan Kuliah untuk Anak IPA, Referensi Ikut SNBP 2023

KOMPAS.com - Meski kini ada aturan baru ketika mendaftar perguruan tinggi negeri (PTN) bisa lintas jurusan, tetapi tak salah misal anak IPA juga ambil jurusan kuliah untuk anak IPA.

Tentu harapannya agar linier dengan semua pelajaran yang sudah didapat di bangku SMA/sederajat. Tentu, memilih jurusan kuliah tidak bisa sembarangan.

Biasanya, jurusan kuliah paling bergengsi bagi anak IPA adalah kedokteran atau farmasi. Selain itu jurusan teknik juga banyak diincar oleh calon mahasiswa.

Bagi anak-anak IPA yang ingin ambil jurusan kuliah IPA, maka berikut ini ada beberapa referensi jurusan kuliah bagi anak IPA.

Melansir laman Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), ini pilihan beberapa jurusannya.

Jurusan kuliah untuk anak IPA, Teknik Sipil

Banyak anak IPA yang ambil Jurusan Teknik Sipil. Karena memiliki lapangan pekerjaan yang sangat luas dan banyak. Selain itu, alasan lain:

1. Bisa berpelung masuk ke dalam tim pengembangan bangunan

Adapun sarjana teknik sipil sangat membantu dalam pengembangan bangunan negara, selain itu banyak sekali perusahaan yang membutuhkan sumber daya manusia lulusan teknik sipil.

Karena di setiap perusahaan yang berjalan di bidang apa saja pasti akan ada divisi pengembangan bangunan.

2. Punya jiwa wirausaha

Selain itu, sarjana teknik sipil akan memiliki jiwa kewirausahaan ketika sudah lulusan. Beberapa profesi yang bisa dijalankan sambil berwirausaha adalah menjadi kontraktor atau jasa konsultasi mengenai bangunan.

3. Bisa mempelajari ilmu yang menarik

Jika kamu berminat untuk menjadi sarjana teknik sipil, maka harus enjoy saat kuliah. Di samping itu kuliahnya juga seru.

Prospek kerja menjanjikan dengan gaji besar juga bisa didapatkan jika kamu memilih jurusan kuliah untuk anak IPA ini, yakni dari mulai manajer konstruksi yang bertugas memberikan pengarahan pada sebuah proyek konstruksi.

Gajinya sekitar Rp 7 juta sampai Rp 30 juta per bulannya. Selain menjadi manajer konstruksi pekerjaan lainnya yang banyak dicari adalah serveyor bertugas untuk memastikan proyek bangunannya mengikuti pemerintah.

Untuk gaji yang bisa didapatkan oleh surveyor rata-rata Rp 3 juta sampai Rp 6 juta per bulannya.

Jurusan kuliah untuk anak IPA, Keperawatan

Selain itu, jurusan kuliah untuk anak IPA berikutnya ialah keperawatan. Banyak alasan kenapa memilih jurusan keperawatan sebagai jurusan kuliah untuk anak IPA paling cocok.

Pertama memiliki prospek karier yang cerah buat bisa bekerja di rumah sakit atau klinik lokal hingga manca negara.

Selain memiliki peluang besar dalam lapangan pekerjaan, Anda juga berpotensi untuk menjadi PNS. Tentu saja, penghasilan seorang aparatur sipil negara sangat menggiurkan belum lagi uang pensiun di masa tua.

Menjadi perawat tentu bisa mendapatkan jaringan luas dan akan selalu diperbaharui melalui orang-orang yang sering ditemui baik dari pasien, teman dan lainnya.

Prospek kerja lain ialah bisa menjadi dosen jika setelah lulus dari S2. Atau profesi lainnya yang bisa di jalani oleh sarjana keperawatan adalah menjadi ahli epidemiologi, manajer data klinis, penulis buku kesehatan, asisten dokter dan lainnya.

Jurusan kuliah untuk anak IPA, Farmasi

Jurusan kuliah untuk anak IPA ini selalu diidentifikasikan dengan profesi apoteker dan meracik obat-obatan.

Tetapi kenyataannya sarjana farmasi tidak hanya akan menjadi apoteker saja, masih ada banyak profesi lainnya yang bisa dijalani.

1. Bisa menjadi peneliti

Usai lulus jurusan kuliah buat anak IPA ini, Anda bisa bekerja sebagai peneliti untuk mengembangkan obat-obat baru di Indonesia. Sehingga, bisa membantu dalam pengembangan ilmu farmasi khususnya di Indonesia

Biasanya ditemukan di LIPI (lembaga ilmu pengetahuan indonesia), BPOM (badan pengawas obat dan makanan), serta laboratorium-laboratorium klinik.

2. Tim Quality Management

Tak hanya itu saja, seorang sarjana farmasi juga bisa mendapatkan pekerjaan sebagai tim quality management ada perusahaan obat, makanan atau juga kosmetik.

Lulusan jurusan kuliah untuk anak IPA ini akan menjadi salah satu tenaga ahli buat bergabung dalam divisi research and development dan quality management.

Jurusan kuliah untuk anak IPA, Cyber Security

Perlu kamu ketahui jurusan kuliah untuk anak IPA ini akan membuat Anda memiliki keterampilan buat melindungi dan menjadi pengaman siber.

Sehingga pelaku penipuan online, pencurian data, website defacement dan cyber crime lainnya bisa terdeteksi dan di tangkap.

Adapun nama program studinya adalah cyber security, tentu kini mulai banyak peminatnya apalagi di era digitalisasi seperti ini. Karena pada era ini teknologi semakin berkembang, pemakaian internet juga sangat tinggi.

Nantinya, yang akan dipelajari saat kamu memiliki jurusan kuliah untuk anak IPA ini berkaitan erat sama Informatika dan Teknologi dan computer science.

Yang membedakan dengan ilmu komputer atau teknik informatika adalah prodi ini lebih akan mendalami ilmu pada sistem komputer hingga pengamanan dunia maya.

Pada cyber crime ini kamu akan diajarkan etichal hacking, meretas dengan sistem yang sesuai aturan dan hukum.

Jadi itulah beberapa jurusan kuliah untuk anak IPA yang bisa dijadikan referensi terutama pada pelaksanaan Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023 ini.

https://edukasi.kompas.com/read/2023/02/20/091008271/cek-jurusan-kuliah-untuk-anak-ipa-referensi-ikut-snbp-2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke