Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Cara Memilih Kampus yang Tepat

KOMPAS.com - Usai lulus sekolah tentu ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi. Karena itu dibutuhkan tips atau cara memilih kampus yang tepat.

Sebab sama halnya jurusan kuliah, kampus juga harus dipilih dengan tepat agar proses kuliah bisa berjalan dengan lancar.

Kuliah sendiri adalah salah satu tahapan lanjutan yang bisa kalian pilih untuk mendapatkan gelar lanjutan. Tujuan dari kuliah sendiri adalah untuk mempersiapkan kalian dalam menghadapi dunia kerja secara profesional.

Melansir laman Universitas Multimedia Nusantara (UMN), berikut ini beberapa tips atau cara memilih kampus yang tepat.

Cara memilih kampus

1. Mengenali minat dan bakat

Hal pertama yang harus dilakukan ialah mengenali minat dan bakat yang dimiliki calon mahasiswa.

Ketika sudah memahami minat dan bakat, nantinya hal tersebutlah yang menjadi pedoman kalian dalam memilih jurusan atau program studi di universitas.

Maka dari itu, pahamilah bahwa langkah ini merupakan langkah awal yang penting dalam menentukan masa depan kalian.

2. Menentukan jurusan kuliah

Jika sudah paham minat dan bakat, maka kamu harus menentukan jurusan kuliah. Baik yang ada di PTN atau PTS.

Tapi sebelumnya kamu bisa melakukan riset dan analisis untuk setiap jurusan atau program studi.

Ada baiknya kalian memilih sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki, sehingga ketika menjalani kuliah kalian akan bersemangat.

3. Menentukan kampus

Adapun cara memilih kampus berikutnya ialah menentukan pilihan kampusnya. Pilihlah kampus yang menurutmu cocok dengan kriteria yang diinginkan. Kalian bisa memilih kampus negeri atau swasta.

Setiap kampus tentunya memiliki keunggulannya masing-masing, kalian bisa sesuaikan dengan jurusan atau program studi unggulan di kampus tersebut.

Dalam fase ini, ada baiknya kalian memilih beberapa kampus dalam daftar tujuan kampus kalian.

4. Cek fasilitas kampus

Langkah berikutnya ialah melakukan observasi tentang fasilitas apa saja yang ditawarkan oleh kampus-kampus tersebut.

Tentunya, setiap kampus memiliki fasilitas yang berbeda-beda. Maka, kamu bisa melihat kampus mana saja yang menawarkan fasilitas terbaik atau cocok dengan kalian.

Fasilitas ini tentunya akan menunjang kegiatan baik akademik dan non-akademik ketika kalian berkuliah di kampus tersebut.

5. Perhatikan lokasinya

Kamu juga harus memperhatikan lokasi kampusnya. Yakni lokasi kampus tersebut terletak di daerah mana. Tujuannya adalah pengenalan pada kampus yang akan dituju.

Tentu, ini bisa mempertimbangkan jauh atau dekat, mudah diakses atau tidaknya kampus itu. Hal ini juga menentukan kalian ke depannya apakah akan tinggal tetap di rumah atau menyewa kos.

6. Terkait biaya kuliah

Untuk cara memilih kampus yang baik berikutnya ialah menyangkut biaya kuliah. Jangan sampai ketika berkuliah akan terkendala masalah biaya yang nantinya akan mengganggu kalian ketika berkuliah.

Pertimbangkan secara matang tentang biaya kuliah di kampus yang akan kalian tuju. Kalian bisa membuat rincian biaya kuliah hingga lulus.

Kemudian, kalian juga harus mempertimbangkan biaya lain-lain yang masih berhubungan dengan kuliah.

7. Minta pendapat orangtua

Jika semuanya sudah didapat, mulai dari melihat minat bakat, menentukan jurusan kuliah dan kampusnya, dan lain-lain, maka langkah selanjutnya ialah meminta pendapat orangtua.

Konsultasi dengan orangtua apa saja yang sudah kamu lakukan hingga menentukan pilihan kampusnya. Apakah orangtua setuju atau tidak. Semua bisa diobrolkan dengan baik.

Jadi itulah beberapa tips atau cara memilih kampus yang tepat. Info ini bisa menjadi gambaran bagi calon mahasiswa.

https://edukasi.kompas.com/read/2023/03/26/123120171/7-cara-memilih-kampus-yang-tepat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke