Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cek 4 Tips Dapat Beasiswa Luar Negeri bagi Mahasiswa Sudah Bekerja

KOMPAS.com - Bagi mahasiswa S1 yang sedang kuliah sambil kerja tentu masih ada kesempatan untuk melanjutkan studi jenjang S2.

Bahkan bisa kuliah di luar negeri. Karena itu butuh tips dapat beasiswa luar negeri. Apa saja yang perlu dipersiapkan?

Meski demikian, kamu perlu tahu bahwa persaingan untuk mendapatkan beasiswa belajar di luar negeri semakin ketat, seiring bertambahnya minat anak negeri.

Namun kamu tak perlu berkecil hati, sebab semua memiliki kesempatan yang sama untuk bisa belajar ke luar negeri termasuk kamu yang saat ini sedang kuliah sambil kerja.

Melansir laman Universitas Stekom, Jumat (3/3/2023), ada beberapa tips dapat beasiswa luar negeri bagi mahasiswa yang sudah bekerja.

Tips dapat beasiswa luar negeri

Jika kamu ingin lanjut S2 di luar negeri, maka simak tipsnya dengan baik:

1. Belajar bahasa asing

Tentu, hal pertama ialah kamu harus bisa bahasa asing. Biasanya persyaratan ini adalah bisa bahasa Inggris, karena merupakan bahasa universal.

Kamu juga perlu belajar bahasa negara yang akan kamu tuju, misalkan kamu ingin kuliah di Timur Tengah, maka belajar bahasa Arab juga diperlukan.

Sebelum kamu mengajukan beasiswa, maka sangat disarankan untuk belajar bahasa Inggris terlebih dahulu agar bisa aktif berbicara bahasa Inggris dengan lancar.

Walaupun bekerja, kamu harus tetap menyempatkan belajar bahasa Inggris. Kamu bisa belajar mandiri atau mengikuti kursus bahasa Inggris.

Kemudian persyaratan selanjutnya adalah dibuktikan dengan skor TOEFL. Kamu harus mengikuti ujian TOEFL dan mendapatkan nilai yang baik sebagai bekal belajar di luar negeri.

2. Cari informasi beasiswa

Jika kamu sudah punya bekal bahasa Inggris, maka kamu harus mencari informasi terkait beasiswa ke luar negeri. Kamu bisa tanya pihak kampus, seperti dosen, profesor atau bagian akademik tentang informasi belajar atau beasiswa ke luar negeri.

Apalagi jika kampusmu termasuk yang menangani studi luar negeri, maka akan semakin memudahkan jalan kamu.

Selain itu kamu juga bisa mencari informasi dari internet. Ada banyak informasi-informasi yang dishare sehingga kamu harus benar-benar teliti.

3. Buat daftar yang diminati

Adapun tips dapat beasiswa luar negeri berikutnya ialah membuat daftar beasiswa yang diminati. Kamu bisa menulis daftar beasiswa yang diinginkan, lengkap dengan persyaratan dan informasi deadlinenya.

Dalam pembuatan daftar beasiswa ini, disarankan benar-benar memilihnya dengan tepat, karena beasiswa untuk kuliah di luar negeri tidak hanya satu negara, ada banyak sekali.

Namun sebelum mengaplikasikannya, kamu bisa konsultasi dulu dengan dosen dan minta pendapatnya, sebelum memutuskan untuk mendaftarkan diri.

Hal ini dikarenakan dosen jauh lebih berpengalaman, apalagi yang sudah pernah belajar di luar negeri.

4. Siap mendaftar

Kalau informasi dan persyaratannya lengkap, maka kamu harus siap mendaftar beasiswa ke luar negeri. Kamu bisa mendaftar lebih dari satu beasiswa karena kita tidak bisa memprediksi di mana akan diterima.

Tentu kamu juga akan bersaing dengan pendaftar dari seluruh Indonesia. Maka coba cari beasiswa di negara yang peminatnya sedikit.

Demikian tips dapat beasiswa luar negeri bagi mahasiswa yang sudah bekerja. Kamu harus semangat dan terus mencobanya.

https://edukasi.kompas.com/read/2023/04/16/110506971/cek-4-tips-dapat-beasiswa-luar-negeri-bagi-mahasiswa-sudah-bekerja

Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke