Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Tips Aman Berkendara Saat Mudik Lebaran, Info Ditjen Vokasi

KOMPAS.com - Beberapa hari lagi, umat muslim akan merayakan hari lebaran. Tentu, mendekati hari H akan banyak yang mudik ke kampung halaman.

Bagi keluarga yang ingin mudik dengan kendaraan pribadi, maka harus mempersiapkan diri termasuk kendaraannya.

Entah mudik menggunakan mobil ataupun motor, semua harus dicek dengan baik. Tentu agar mudik bisa berjalan dengan aman dan lancar.

Melansir laman Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Vokasi), Minggu (16/4/2023), ada beberapa tips berkendara saat mudik lebaran.

Adapun tips tersebut dibagikan oleh Iwan Setiawan selaku pimpinan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Mustika Wangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat sekaligus menjadi ahli otomotif puluhan tahun.

Tips aman berkendara saat mudik

1. Siapkan semuanya dengan matang

Tentu sebelum berangkat, pastikan kamu sudah menyiapkan segala sesuatunya dengan matang. Persiapkan barang yang akan dibawa, bahkan sampai dengan menjaga kesehatan diri.

Jika kamu mudik menggunakan motor, jangan lupa menggunakan perlengkapan riding, seperti jaket, helm, jas hujan, dan lain-lain.

Selain itu, hindari membawa barang yang terlalu banyak. Hal tersebut berguna agar kendaraan tidak memuat beban berlebih.

2. Kondisi kendaraan harus prima

Tips kedua ialah kamu harus memastikan kendaraan yang akan digunakan dalam kondisi prima. Tentunya kamu tidak ingin mengalami masalah otomotif di tengah perjalanan.

Iwan menjelaskan, di bidang otomotif, setidaknya ada tiga bagian yang harus diperiksa sebelum berangkat mudik, yaitu bagian engine, chasis, dan kelistrikan.

Selain itu, periksa oli dan timing belt untuk mengetahui bagian engine atau mesin sudah aman atau belum. Sementara untuk bagian chasis, kamu bisa memeriksa kaki-kaki, rem, dan juga ban.

Tak lupa juga untuk memperhatikan kondisi lampu yang termasuk ke bagian kelistrikan otomotif. Iwan juga menyarankan untuk memeriksa keadaan kendaraan secara menyeluruh sebelum mudik.

3. Istirahat cukup

Saat berkendara, baik dengan mobil atau motor, maka tubuh harus beristirahat. Jika mulai merasa lelah di tengah perjalanan, kamu dapat istirahat minimal dua jam sekali di tempat peristirahatan.

Hindari melakukan auto pilot saat berkendara. Auto pilot merupakan sebuah kondisi saat kita secara tidak sadar mengemudi tanpa memperhatikan situasi dan kondisi di sekitar kita, bahkan sampai tertidur.

Jadi, daripada mengantuk sambil menyetir, lebih baik beristirahat dulu.

4. Pahami rute perjalanan

Sebelum berangkat, kamu harus mempelajari rute mudik terlebih dahulu. Memilih rute yang nyaman dapat membuat perjalanan mudik menjadi aman dan lancar.

Untuk menghindari macet, pastikan jalur alternatif yang dipilih memiliki akses yang bisa dilalui. Kamu juga dapat memanfaatkan teknologi seperti Google Maps untuk mengetahui rute jalan.

5. Berdoa sebelum berkendara

Jika kamu sudah siap semuanya, maka hal tak kalah penting ialah berdoa. Apa pun kendaraan yang digunakan, utamakanlah berdoa sebelum berkendara.

Mintalah perlindungan kepada Tuhan Yang Maha Esa agar selalu dilindungi keselamatan sampai tujuan dan bertemu dengan sanak keluarga.

6. Patuhi peraturan lalu lintas

Sedang tips aman berkendara saat mudik lebaran yang terakhir ialah mematuhi peraturah lalu lintas. Hindari mengebut di jalan agar selamat sampai tujuan.

https://edukasi.kompas.com/read/2023/04/17/132910171/6-tips-aman-berkendara-saat-mudik-lebaran-info-ditjen-vokasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke