Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dosen UM: Ini 6 Tips untuk Ibu Hamil yang Ingin Mudik Lebaran

KOMPAS.com - Mudik lebaran adalah kegiatan yang ditunggu tunggu semua umat muslim dari semua kalangan, termasuk juga ibu hamil.

Mudik merupakan perjalanan yang membutuhkan waktu dan jarak yang jauh sehingga dibutuhkan persiapan khusus bagi ibu hamil untuk keamanan dan kenyamanan selama mudik.

Dosen Program Studi S1 Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) UM Surabaya, Nur Hidayatul Ainiyah membagikan sejumlah tips mudik yang aman bagi ibu hamil.

Pertama, memperhatikan usia kehamilan. Umur kehamilan yang aman untuk mudik bagi ibu hamil adalah trimester 2 (lebih dari 12 minggu) dan kurang dari 34 minggu.

"Pada trimester pertama kondisi kehamilan masih risiko dan diikuti ketidaknyamanan ibu hamil seperti mual muntah, pusing, sedangkan pada trimester akhir risiko terjadi kontraksi-kontraksi yang dapat berisiko terjadi ketuban pecah dini dan prematur," ucap dia mengutip laman UM Surabaya, Selasa (18/4/2023).

Kedua, lakukan periksa kondisi kesehatan ke dokter atau bidan untuk memastikan kesehatan ibu dan janin aman untuk perjalanan jauh dan selalu membawa buku KIA .

Ketiga, gunakan alat transportasi yang aman dan nyaman, pastikan jarak tempuh, akses perjalanan, dan rute perjalanan tidak membahayakan kondisi ibu hamil.

"Keempat hindari membawa barang yang berat. Ibu hamil juga dianjurkan memakai pakaian yang longgar dan sepatu yang aman dan nyaman," jelas dia.

Kelima, kenali lokasi rest area, jika jarak jauh usahakan lakukan istirahat setiap 4 jam, lakukan streching untuk relaksasi dan menghindari bengkak.

Keenam, bawalah perlengkapan pribadi seperti makanan sehat, minuman yang cukup, kuota atau pulsa untuk komunikasi, budget lebih, obat-obatan pribadi, dan peralatan kebersihan pribadi.

Lanjut dia menyebut, seseorang yang sedang hamil ketika mudik harus didampingi keluarga. Ibu hamil sebaiknya selalu dalam pengawan keluarga selama perjalanan.

Hal ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Jika terjadi keluhan atau kejadian kegawat daruratan keluarga akan sangat membantu dalam mengakses fasilitas kesehatan terdekat," tegas dia.

Menurut dia, Ibu hamil penting melakukan istirahat yang cukup sebelum perjalanan.

"Terakhir jangan memaksakan diri. Jika risiko ada masalah kesehatan dan kehamilan sebaikanya tidak melakukan perjalan mudik terlebih dahulu," tukas Ainiyah.

https://edukasi.kompas.com/read/2023/04/18/212902771/dosen-um-ini-6-tips-untuk-ibu-hamil-yang-ingin-mudik-lebaran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke