Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini 7 Tips Memilih Perguruan Tinggi Swasta Terbaik

KOMPAS.com - Calon mahasiswa yang ingin kuliah bisa di kampus negeri atau kampus swasta. Dua pilihan ini harus disiapkan dengan baik.

Namun seandainya kamu mau langsung memilih kampus swasta atau perguruan tinggi swasta (PTS), maka harus memahami beberapa tips memilih PTS terbaik.

Tentu salah satunya kita bisa mengenali kualitas perguruan tinggi baik swasta maupun negeri melalui capaiannya menurut berbagai lembaga penilaian mutu perguruan tinggi.

Dilansir dari laman Universitas Multimedia Nusantara (UMN), berikut ini 7 tips memilih kampus swasta terbaik agar jadi acuan bagi calon mahasiswa.

Tips memilih perguruan tinggi swasta

1. Perhatikan peringkat PTS

Tips pertama ialah dengan mengetahui peringkat kampus incaran. Peringkat adalah hal yang mungkin saja diabaikan pendaftar, karna dirasa kurang begitu penting.

Padahal, semakin tinggi peringkat perguruan tinggi tersebut, kualitas juga semakin bagus. Ada banyak lembaga–lembaga pemeringkat PT baik nasional maupun internasional, seperti Kemendikbud Ristek, Webometrics, 4ICU dan lainnya.

2. Perhatikan akreditasi kampus

Adapun tips memilih perguruan tinggi swasta berikutnya ialah kamu harus memperhatikan akreditasi kampus dan jurusan yang kamu inginkan.

Akreditasi jadi hal yang sangat penting diketahui, semakin tinggi akreditas suatu PTS tentu citra dan lulusannya juga memiliki kualitas.

Di dunia kerja, perusahaan biasanya mensyaratkan standar karyawan yang akan mereka rekrut memiliki minimal akreditasi institusi yang baik.

Biasanya mereka akan membuat patokan minimal akreditasi B, atau bahkan harus Akreditasi A bagi calon karyawan pada perusahaan tertentu.

3. Biaya kuliah

Terkait biaya kuliah, kampus swasta terbaik pasti biaya kuliahnya juga tinggi. Sebab, PTS akan memberikan fasilitas yang lebih dari PTS yang lain, bahwa akan menyamai fasilitas yang diberikan oleh PTN.

4. Lokasi kampus

Pastikan, apakah di sekitar daerah tempat tinggal sekarang ada PTS yang berkualitas. Kalau tidak ada, baru mencari PTS lain di luar daerah atau bahkan di luar pulau. Karna ini menyangkut biaya yang nantinya akan di keluarkan untuk melanjutkan studi ke PTS.

5. Lihat fasilitasnya

Perhatikan pula fasilitas-fasilitas yang tersedia seperti perpustakaan, ruang belajar, pembimbing akademik, beasiswa dan lainnya tentunya akan menambah kualitas belajar.

Kita bisa mencari tahu dengan riset di internet, berdiskusi dengan kakak kelas, maupun mencari tahu langsung ke kampus program studi terkait.

6. Perhatikan prospek kerjanya

Adapun tips memilih perguruan tinggi swasta lainnya ialah terkait prospek kerjanya. Prospek kerja ini bisa menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih jurusan.

Selain mengetahui prospek kerja, kita bisa mendapatkan pandangan lain untuk memilih program studi karena bisa menjadi semakin mantap memilih program studi setelah mengetahui prospek kerjanya.

7. Sesuaikan minat dan bakat

Hal terakhir ialah jangan sampai kamu salah pilih jurusan kuliah, meski kuliah di PTS kamu tetap bisa meraih cita-cita. Sebab itu semua harus disesuaikan dengan minta dan bakat kamu.

Demikian beberapa tips memilih perguruan tinggi swasta terbaik bagi calon mahasiswa. Tentu harapannya bisa kuliah di PTS terbaik, lulus dan jadi orang yang sukses.

https://edukasi.kompas.com/read/2023/04/21/144604671/ini-7-tips-memilih-perguruan-tinggi-swasta-terbaik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke