Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Tips Sukses Hadapi UTBK SNBT 2023, Calon Mahasiswa Cek

KOMPAS.com - Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (UTBK SNBT) 2023 akan segera dilaksanakan.

UTBK SNBT 2023 gelombang I akan dilaksanakan pada 8 Mei 2023 atau sekitar dua pekan mendatang.

Calon mahasiswa yang ingin kuliah melalui jalur UTBK SNBT 2023 tentu dapat segera melakukan berbagai persiapan agar bisa meraih nilai bagus.

Melansir dari laman Telkom University, Rabu (26/4/2023), ada 7 tips sukses menghadapi UTBK SNBT 2023.

7 tips sukses hadapi UTBK SNBT 2023

1. Evaluasi diri

Hal pertama yang harus disiapkan sebelum mengikuti ujian masuk universitas adalah melakukan evaluasi diri. Evaluasi diri penting agar tahu sejauh mana kemampuan dan titik mana saja yang perlu ditingkatkan.

Hal ini akan membantu lebih fokus ke pelajaran yang perlu ditingkatkan. Misalnya kamu berencana mendaftar ke universitas terbaik di kotamu, kamu bisa evaluasi penguasaan materi yang akan diujikan di universitas itu yang kamu inginkan.

Pastikan sesuai dengan tujuan atau passion kamu. Jadi, pastikan kamu melakukan evaluasi diri secara serius dan obyektif agar persiapanmu menjadi jauh lebih matang.

2. Susun jadwal belajar

Tips kedua sukses hadapi UTBK SNBT 2023 adalah menyusun jadwal belajar. Konsistensi dalam hal belajar bisa meningkatkan kemampuanmu. Kondisi belajar yang menyenangkan dan terjadwal akan membuatmu maksimal dalam memanfaatkan waktu juga meningkatkan kemampuanmu dalam ujian.

Jadwal belajar yang teratur mendatangkan berbagai manfaat, seperti menghindari menunda-nunda belajar, punya waktu yang cukup untuk menguasai pelajaran dan mengatur waktu yang lebih seimbang antara waktu belajar dengan waktu istirahat.

3. Perbanyak sumber belajar

Saat belajar, tentu pernah merasa jenuh dan malas saat membaca buku materi pelajaran. Sehingga memperbanyak referensi belajar bisa jadi alternatif.

Saat malas baca buku, kamu bisa menonton video edukasi yang saat ini banyak tersedia, mulai dari video tutorial, podcast, situs web, Instagram reels hingga TikTok yang menyediakan materi edukasi.

Dengan memperbanyak channel belajar, wawasan yang diperoleh juga lebih luas. Kamu juga bisa memahami konsep yang lebih baik dengan menyimak materi audio visual. Apalagi jika ditambah contoh latihan soal dan jawabannya.

4. Latihan soal menggunakan soal ujian yang terdahulu

Dengan banyak latihan soal, tentu akan membuatmu semakin paham dengan tipe soal yang sering muncul.

Kamupun bisa lebuh jeli memprioritaskan soal mana yang akan dikerjakan terlebih dahulu.

5. Belajar kelompok

Saat belajar sendirian untuk persiapan UTBK SNBT 2023, kadang merasa bosan atau bahkan mengantuk. Agar belajar tetap semangat, tidak ada salahnya mencoba belajar kelompok.

Belajar kelompok memiliki banyak manfaat. Misalnya saat kamu tidak bisa menjawab suatu soal, kamu bisa bertanya langsung ke teman-teman yang lain. Kamu juga bisa mengajak guru untuk membuat group discussion.

Hal tersebut akan membantumu dalam menghadapi soal-soal terutama soal-soal yang sulit. Yang perlu diingat saat belajar kelompok adalah tetap memperbanyak porsi belajar daripada mengobrol bersama teman.

6. Beri sedikit waktu untuk bersantai

Karena UTBK SNBT 2023 gelombang I akan dilaksanakan dalam waktu dekat, tentu kamu akan makin spaneng.

Meski belajar itu wajib, tapi beri waktu untuk bersantai. Sehingga badan dan pikiran tidak terforsir untuk belajar dan justru berujung jatuh sakit.

7. Harus punya motivasi

Saat menghadapi UTBK SNBT 2023, calon mahasiswa harus punya tekad kuat yang akan memengaruhi tindakan. Kalau kamu ingin diterima di kampus pilihan lewat jalur UTBK SNBT 2023, harus konsisten belajar.

Buatlah mindset kamu bahwa kamu layar diterima di perguruan tinggi negeri pilihanmu karena memang kamu layak.

Sebagai informasi, di laman resmi SNPMB 2023 ada dokumen yang harus dibawa saat pelaksanaan UTBK SNBT 2023. Peserta UTBK SNBT 2023 wajib membawa beberapa hal berikut ini:

Demikian 7 tips sukses hadapi UTBK SNBT 2023 gelombang I yang akan dilaksanakan sekitar dua pekan lagi atau tepatnya pada 8 Mei 2023.

https://edukasi.kompas.com/read/2023/04/26/153000671/7-tips-sukses-hadapi-utbk-snbt-2023-calon-mahasiswa-cek

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke