Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pakar UMM: Tips Kembalikan Pola Makan Sehat Setelah Lebaran

KOMPAS.com - Hari raya idul Fitri identik dengan makanan berkuah santan seperti opor, rendang, dan gulai.

Bahkan, setelah satu minggu lewat Idul Fitri, makanan-makanan tersebut masih menjadi santapan sebagian orang.

Pakar sekaligus Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Meddy Setiawan mengatakan bahwa makanan khas lebaran yang identik dengan santan, lemak dan gula harus segera dikurangi bagi mereka yang menderita hipertensi, diabetes, kolesterol, dan asam urat.

Penderita penyakit di atas, termasuk lansia, harus lebih berhati-hati ketika memilih makanan. Terutama untuk makanan yang mengandung santan, lemak, dan gula yang tinggi.

Kebalikan pola makan sehat usai lebaran

Meddy menyebutkan, makanan yang sehat dapat dilihat dari jenis atau macamnya. Contohnya dengan memilih makanan dengan indeks glikemik atau kadar gula yang rendah.

"Saat lebaran pasti banyak kue-kue manis, makanan dari olahan tepung, dan sirup yang sudah pasti memiliki kadar gula yang tinggi. Hal ini harus disiasati dengan cara memilih makanan dari olahan gandum atau tepung dari ubi-ubian. Makanan tersebut memiliki kadar gula yang lebih rendah," jelasnya dilansir dari rilis UMM.

Selain itu, hindari gorengan terutama yang menggunakan teknik penggorengan deep frying. Jika berlebihan, makanan itu bisa meningkatkan kolesterol.

"Hal ini dapat disiasati dengan menggantinya dengan makanan yang dipanggang dan dikukus agar lebih sehat," sarannya.

Ia mengatakan bahwa tidak ada salahnya untuk mengonsumsi buah dan sayur di momen lebaran. Khususnya yang tinggi antioksidan seperti buah delima, buah naga, dan ketela ungu.

"Mau tidak mau, kita harus pintar memilah dan memilih apa yang masuk ke dalam tubuh. Apalagi mereka yang sudah manula. Sebisa mungkin hindari makanan ‘jahat’ sekalipun itu sedikit. Karena seringkali yang sedikit juga dapat menyebabkan penyakit,” tambahnya.

Terakhir, Meddy juga mengajak untuk meneruskan pola hidup sehat.

Tidak hanya terkait makanan yang dikonsumsi, tapi juga berolahraga, mengurangi aktivitas berat, dan juga menambah ibadah.

"Kalau ditelaah lebih dalam, Shalat itu termasuk olahraga yang sederhana. Niatnya tentu untuk beribadah, tapi juga memberikan manfaat bagi tubuh. Selain itu, beberapa olahraga yang bagus untuk manula adalah jalan kaki di pagi hari,” pungkasnya.

https://edukasi.kompas.com/read/2023/04/30/190000671/pakar-umm--tips-kembalikan-pola-makan-sehat-setelah-lebaran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke