Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jaga Kredibilitas PTN BH, UPI Kerek Pembangunan SDM hingga Infrastruktur

KOMPAS.com - Pembangunan universitas yang unggul tidak hanya cukup membangun Sumber Daya Manusia, namun juga diperlukan dukungan pembangunan dan ketersediaan infrastruktur.

Keseimbangan keduanya, diharapkan dapat menciptakan kestabilan antara layanan akademik maupun non-akademik dalam tubuh manajerial Kampus.

Pembangunan dan ketersediaan infrastruktur kampus seperti gedung perkuliahan, laboratorium, perpustakaan, ruang seminar, auditorium, gedung olahraga, sarana ibadah, ruang layanan publik, gedung pusat kajian riset, gedung inovasi dan gedung-gedung lain nyatanya mampu menunjukkan kredibilitas sebuah Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) di Indonesia.

Sebab itu, pembangunan SDM hingga infrastruktur menjadi upaya yang sedang dilakukan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dalam menjaga kredibilitas sebagai PTN BH yang unggul dalam berbagai bidang pemeringkatan dan pelayanan publiknya.

Sigap hadapi tantangan pembangunan infrastruktur

Tak dipungkiri, pembangunan fisik kampus menghadirkan tantangan yang harus dijawab oleh para pimpinan universitas, khususnya universitas yang termasuk ke dalam PTN BH.

Sebagaimana contoh, UPI sejak tahun 2020 sampai 2023 ini terus melakukan pembangunan sarana dan infrastruktur kampus melalui berbagai strategi, salah satunya melalui kerja sama untuk mendapatkan sejumlah hibah-hibah pembangunan fisik.

Sampai saat ini, UPI telah membangun sekitar 9 gedung baru baik yang sudah selesai maupun yang sedang terus dikerjakan.

Pembangunan ini tidak terlepas dari keberhasilan UPI mendapatkan kepercayaan dari Pemerintah khususnya dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN/Bappenas), sebagaimana yang dikemukakan oleh Sekretaris Universitas, Prof Memen Kustiawan yang pada Oktober 2022 lalu melaporkannya kepada Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan Bappenas, Amich Alhumami di Jakarta.

Dalam Kunjungannya, Prof Memen selain menyampaikan laporan perkembangan pembangunan infrastruktur di UPI, juga menyampaikan keberhasilan-keberhasilan dalam hal Kerjasama pembangunan UPI kepada pemerintah.

Secara khusus, ia menyampaikan dalam bentuk laporan verbal serta dokumentasi atas fakta-fakta yang telah diwujudkan oleh UPI selama dipercaya oleh pemerintah untuk membangun infrastruktur yang diberikan melalui sejumlah program hibah.

Sementara itu, Amich mengungkapkan keyakinannya bahwa UPI akan terus tumbuh menjadi universitas yang unggul dalam tata Kelola manajerial infrastruktur maupun Sumber Daya Manusia.

https://edukasi.kompas.com/read/2023/05/15/101920571/jaga-kredibilitas-ptn-bh-upi-kerek-pembangunan-sdm-hingga-infrastruktur

Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke