Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Universitas Brawijaya Raih Juara di Kompetisi Mobil Hemat Energi

MALANG, KOMPAS.com - Tim Atom Chem E-Car dari Universitas Brawijaya (UB) meraih prestasi dalam ajang Indonesia Chemical Reaction Car Competition (ICRCC) 2023. 

Dalam lomba yang digelar Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya itu, Tim Atom Nawasena UB meraih juara dua, Minggu (14/5/2023).

Tim yang beranggotakan Muhamad Irfan, Putu Audley Divania Putri, Nabila Oktavia, Fajar Adianto Aribowo, Desty Octavianti, dan Mayland Faizal Al Chuzamy mengusung konsep mobil kimia berbasis pressurized gas.

Salah satu anggota tim, Mayland mengatakan, ICRCC merupakan kompetisi internasional pembuatan prototipe mobil yang digerakkan oleh reaksi kimia untuk membawa beban dalam jarak tertentu. Kompetisi tersebut diadakan bagi kalangan mahasiswa sarjana.

"Kompetisi ini bertujuan untuk menunjukkan kemampuan peserta dalam mengontrol reaksi kimia," kata Mayland.

Serangkaian seleksi konsep prototipe mobil saat awal kompetisi telah dilalui. Terdapat tahap berupa test run sebelum tahap balap dilakukan.

Setiap tim diberikan waktu untuk memperhitungkan berapa banyak bahan kimia yang dibutuhkan agar mobil tersebut dapat melaju dan berhenti dengan sendirinya.

Kemudian, setiap tim diberikan kesempatan dua kali untuk melajukan mobilnya saat tahap balap. Nilai yang diambil adalah nilai terbaik dari dua kali percobaan tersebut.

Tim ATOM dibawah bimbingan Ir. Bambang Poerwadi, M.S., dan Supriyono, S.T., M.T unggul dan menjadi finalis bersama 15 tim lainnya.

"Seluruh tim diminta menunjukkan keunggulan prototipe masing-masing di hadapan para juri dan peserta," katanya.

Tim ATOM Nawasena mengusung konsep mobil kimia berbasis pressurized gas menggunakan air regulator filter untuk menggerakkan piston. Proses tersebut dibantu oleh mechanical roller valve agar berjalan dengan mulus dalam menggerakkan mobil.

Sumber kekuatan gas yang dihasilkan berasal dari reaksi dekomposisi hidrogen peroksida dibantu dengan adanya katalis untuk mempercepat reaksi. Dengan konsep tersebut, tim ATOM berhasil menuntaskan challenge di urutan kedua.

"Harapannya pada tahun berikutnya Tim Atom Chem E Car terus bisa memperoleh hasil terbaik sehingga dapat meraih prestasi yang juga lebih baik," katanya.

https://edukasi.kompas.com/read/2023/05/19/180000871/universitas-brawijaya-raih-juara-di-kompetisi-mobil-hemat-energi

Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke