Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tips Lulus Kuliah Cepat dan Dapat IPK 4 ala Lulusan UM Surabaya Ini

KOMPAS.com - Apakah bisa lulus cepat dan dapat IPK sempurna atau IPK 4 serta dapat gelar cumlaude? Tentu saja hal ini bisa diraih siapa saja.

Seperti Nurul Afifah yang lulus cumlaude karena berhasil meraih IPK tertinggi yakni 4 dan lulus cepat. Mahasiswa Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya ini bisa membuktikan hal itu lewat 5 tips yang ia jalani setiap waktu. Apa saja tips tersebut? 

Sebelum tahu tipsnya, tentu ketahui dulu bagaimana Nurul merancang jalan agar perkuliahannya lancar. 

Nurul awalnya diterima di UM Surabaya melalui jalur beasiswa unggulan Kemendikbud.

Berkat beasiswa itulah Nurul mendapatkan fasilitas pendidikan secara gratis mulai dari biaya pendidikan, biaya hidup dan biaya buku.

Perempuan yang dipanggil Nurul tersebut mengambil jurusan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UM Surabaya.

Saat ditanya, mengapa memilih jurusan PG PAUD rupanya putri pasangan Witono dan Rofikoh ini sempat berhenti setelah lulus SMK.

Lalu ia memilih membantu mengajar di sebuah TK di dekat rumahnya. Berkat pengabdiannya selama setahun tersebut Nurul mendapatkan rekomendasi dari Pimpinan Wilayah Aisyiyah untuk mengambil beasiswa unggulan Kemendikbud.

Nurul mengaku apa yang dicapiannya hari ini merupakan impian yang ia catat di kertas bahkan juga di tembok kamar.

Menurutnya sedari awal masuk kuliah ia sudah menargetkan IPK cumlaude dan lulus cepat, namun ia tidak menyangka jika hasilnya sempurna yakni IPK 4.

“Alhamdulillah akhirnya sesuai dengan apa yang saya targetkan, dari dulu memang saya selalu mencatat apa yang ingin menjadi goals dalam hidup saya, saya benar-benar catat di kertas, karena saya tidak ingin itu hanya menjadi angan-angan di pikiran saja,” ujar Nurul dilansir dari laman UM Surabaya.

Menurut ceritanya, saat masih duduk di bangku SMP Nurul langganan menjadi juara tingkat kabupaten. Mulai dari lomba melukis O2SN tingkat Kabupaten 2015.

Lalu masuk nominasi vocal solo tingkat provinsi 2015. Saat menjadi siswa SMK ia juga pernah dinobatkan sebagai peserta magang terbaik hingga diberikan penghargaan terbaik ketiga tangkas terampil Indonesia tingkat kabupaten.

Tak berhenti sampai disitu saja, saat menjadi mahasiswa UM Surabaya Nurul terus mengukir prestasi.

Ia pernah meraih Juara 2 lomba Microtaeching Nasional 2021, Juara 3 lomba simulasi mengajar tingkat Nasional - UPI 2021, Finalis 10 besar poster aptisi dan menjadi peserta International Credit Transfer (ICT) 2021 Asia University Taiwan.

Rupanya selain unggul dalam hal akademik, nurul juga unggul dalam bidang non akademik.

Di tengah kesibukanya menjadi seorang mahasiswa ia juga aktif menjadi anggota Hizbul Wathon, aktif di himpunan mahasiswa Kalimantan Tengah, bahkan menjadi Ketua Umum Himpunan mahasiswa PG PAUD UM Surabaya tahun (2021-2022).

Nurul juga aktif di Nasyiatul Aisyiyah, menjadi Duta Bahasa UM Surabaya dan menjabat sebagai sekretaris bidang immawati Ikatan Mahasiswa Muhamamdiyah (IMM).

5 tips lulus kuliah cepat dan dapat IPK 4

Saat ditanya mengenai tips bisa lulus cepat dan dapat IPK 4,00 ia memaparkan akan lima hal berikut ini:

Pertama, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap setiap ilmu baru yang didukung dengan tindakan untuk mencari tahu.

“Kedua menurut saya adalah selalu giat belajar dan aktif dalam setiap kegiatan baik di kelas ataupun di luar kampus, intinya jangan jadi mahasiswa yang hanya kuliah pulang kuliah pulang,” ujar dia.

Ketiga, memanfaatkan apa yang ada di sekitar, salah satunya teknologi sebagai bahan untuk mendapatkan ilmu baru di luar materi yang telah didapatkan di bangku kuliah.

Keempat, meyakini bahwa setiap doa dan usaha pasti akan membuahkan hasil.

“Terakhir, jika kita ingin mencapai suatu hasil yang luar biasa maka kita harus memiliki target yang akan kita usahakan agar terwujud. Tentunya diimbangi dengan berusaha dan berdoa,” imbuh dia.

Nurul mengakui ketika seseorang memenuhi pikiran dengan hal-hal postif maka akan mendorong seseorang untuk melakukan tindakan positif dan bermanfaat.

“Sebaliknya jauhkan pikiran kita dari hal negatif yang mungkin akan menghambat kita untuk maju dan berkembang, karena kesuksesan bermula dari pemikiran dan keinginan yang diikuti dengan tindakan,” pungkasnya.

https://edukasi.kompas.com/read/2023/06/04/103825171/5-tips-lulus-kuliah-cepat-dan-dapat-ipk-4-ala-lulusan-um-surabaya-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke