Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Orangtua, Ini 5 Tanaman Obat yang Bagus Untuk Keluarga

KOMPAS.com - Orangtua perlu mengetahui tanaman obat yang bagus untuk keluarga. Tanaman ini memiliki banyak manfaat, seperti untuk mengobati anak sakit maupun melengkapi bumbu masakan.

Tak lupa, tanaman obat keluarga ini bisa menyehatkan badan.

Nah, kira-kira apa saja tanaman yang tergolong menjadi obat untuk keluarga?

Berikut 5 tanaman obat keluarga versi Heleni Darmawati, siswa Jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian SMKN 1 Matan Hilir Selatan, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat yang dikutip dari laman Vokasi Kemdikbud, Jumat (21/7/2023).

1. Jahe

Tanaman yang satu ini sepertinya sudah banyak dikenal. Jahe terbukti ampuh untuk menghangatkan tubuh terlebih saat cuaca dingin.

Tak hanya mampu menghangatkan, kandungan zat yang terdapat di jahe juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu meredakan beberapa penyakit seperti batuk, sakit kepala, masuk angin.

2. Kunyit

Pernah dengar jamu kunyit asem tidak? Betul sekali, jamu tersebut berbahan dasar kunyit.

Kunyit memiliki warna dan aroma yang khas. Selain untuk bahan dasar jamu, biasanya orang-orang menggunakan kunyit untuk membuat bumbu masakan.

Kunyit memiliki berbagai manfaat seperti mengatasi maag, menurunkan kadar kolesterol dan lemak dalam darah, hingga meredakan gatal pada kulit.

3. Lengkuas

Serupa tapi tak sama, siapa yang sering tertukar atau kesulitan saat membedakan lengkuas dan jahe.

Bentuknya yang hampir mirip memang seringkali mengecoh kita.

Bahkan, tak hanya dengan jahe, mungkin sebagian dari kita seringkali merasa terkena jebakan saat hendak mengambil rendang.

Alih-alih ingin memakan daging rendang malah lengkuas yang kita gigit. Akan tetapi tahukah kamu bahwa lengkuas ini memiliki manfaat yang baik untuk tubuh.

Zat yang terkandung di dalamnya dapat membantu untuk melancarkan peredaran darah, membuang racun dalam tubuh, menambah nafsu makan, dan mencegah tumor.

Penambahan lengkuas dalam masakan dapat menambah cita rasa masakan hingga semakin lezat. Kandungannya juga sangat bagus untuk tubuh kita.

4. Sirih

Pernahkah kalian mendengar istilah 'nyirih'? Mungkin kita pernah melihat saat nenek kita sedang menggosokkan daun sirih ke giginya.

Ternyata, kebudayaan 'nyirih' yang sering dilakukan mereka ini memang memiliki manfaat.

Kandungan yang terdapat dalam daun sirih berguna untuk memperkuat gigi dan membunuh bakteri yang ada di dalam mulut.

Selain itu, daun sirih juga bermanfaat untuk mengatasi mimisan, bau badan, dan sakit gigi.

5. Lidah buaya

Siapa sih yang tidak kenal dengan lidah buaya. Siapa sangka tanaman yang memiliki duri dan bau yang unik bagus untuk kulit wajah kita.

Kandungan yang ada di dalam lidah buaya dipercaya dapat menghilangkan jerawat, menjaga kesehatan bulu mata, merawat kesehatan rambut, hingga menghilangkan flek hitam pada wajah.

Tak hanya, tanaman ini juga berkhasiat untuk mempercepat penyembuhan luka, mengatasi tekanan darah tinggi, dan mengatasi peradangan.

Itu dia jenis tanaman obat keluarga beserta manfaatnya. Bukan hanya 5 tanaman di atas, masih banyak tanaman lainnya yang memiliki manfaat baik untuk tubuh manusia, pastinya membuat tubuh sehat.

https://edukasi.kompas.com/read/2023/07/21/100741471/orangtua-ini-5-tanaman-obat-yang-bagus-untuk-keluarga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke