Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Perlengkapan Kuliah Maba, Apa Saja Itu?

KOMPAS.com - Lulus SMA/SMK/sederajat dan lanjut kuliah tentu menjadi sesuatu yang baru. Sebab, antara sekolah dan kuliah itu berbeda.

Dengan dunia baru, maka seorang mahasiswa baru (maba) bakal melangkah lebih dewasa dan mandiri. Tentu, semua butuh persiapan.

Di dunia kampus, kehidupan baru ini harus dipersiapkan dengan sedemikian rupa agar kamu lebih siap untuk menghadapinya.

Salah satunya dengan mempersiapkan perlengkapan kuliah. Calon mahasiswa baru harus paham dan bisa mempersiapkannya.

Dilansir dari laman Universitas Multimedia Nusantara (UMN), berikut ini beberapa perlengkapan kuliah bagi mahasiswa baru.

Perlengkapan kuliah maba

1. Ponsel pintar

Saat ini, ponsel pintar sudah menjadi hal yang biasa. Apalagi bagi anak muda wajib punya ponsel pintar. Tentu, ponsel pintar juga akan mendukung untuk perkuliahan nanti.

Melalui ponsel pintar, kamu bisa mengerjakan tugas, berdiskusi dengan teman dan dosenmu. Bahkan jika kamu mengambil kuliah pembelajaran jarak jauh, kamu bisa menggunakan smartphone-mu untuk mengikuti perkuliahan.

Dengan mengunduh aplikasi video conference, seperti Zoom atau Google Classroom, kamu bisa mengikuti perkuliahan secara jarak jauh.

Selain itu, kamu juga bisa mencatat bahan kuliah ataupun memasukkan agenda di smartphone. Namun, sebelum melakukan hal ini pastikan bahwa di kelasmu memperbolehkan penggunaan ponsel dalam kegiatan belajar-mengajar.

Jika tidak, maka notebook atau binder merupakan pilihan yang lebih bijak saat mencatat di kelas.

2. Notebook atau binder

Salah satu perlengkapan kuliah maba yang bisa kamu gunakan untuk mencatat di kelas adalah notebook dan binder. Kamu bisa memilih notebook dan binder yang lucu dan sesuai dengan kebutuhan perkuliahanmu.

3. Laptop

Tak hanya ponsel pintar, tapi laptop juga penting bagi mahasiswa. Karena bisa menunjang perkuliahan sampai lulus nanti.

Meski ponsel pintar juga bisa menggantikan fungsi laptop, tapi ada beberapa beban kuliah yang membutuhkan kekuatan dari perangkat laptop atau Personal Computer (PC).

Sebelum beli laptop, sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan kamu serta dana yang dimiliki.

4. Flash disk atau hard disk eksternal

Alat yang satu ini juga harus dimiliki oleh mahasiswa baru. Karena bisa untuk menyimpan file dan bisa dibawa ke mana saja.

Semua juga tergantung dari kebutuhan kamu. Jika butuh tempat penyimpan yang besar maka bisa membeli hard disk eksternal.

5. Buku referensi

Beberapa buku referensi mata kuliah juga diperlukan sebagai salah satu perlengkapan kuliah maba.

Melalui buku-buku referensi ini, kamu bisa mendalami berbagai mata kuliah yang kamu ambil saat itu.

Dengan demikian, ilmu yang kamu dapatkan akan semakin dalam dan menyeluruh. Jadi, jangan lupa mempersiapkan perlengkapan kuliah maba yang satu ini.

6. Alat tulis

Tak ketinggalan, kamu juga perlu alat tulis, seperti pulpen, pensil, stabilo berbagai warna untuk membuat highlight di buku referensi atau buku catatan, dan juga penghapus atau correction tape.

7. Tas kuliah

Sedang perlengkapan kuliah maba yang terakhir ialah tas. Ini untuk membawa semua perlengkapannya jadi satu. Tentu tas kuliah tak perlu menggunakan backpack seperti layaknya di sekolah dulu.

Kini kamu juga bisa menggunakan tote bag atau tas lain yang sesuai dengan kebutuhanmu. Pastikan untuk tak ketinggalan membawa tas kuliahmu agar semua perlengkapanmu tidak ada yang ketinggalan.

Jadi itulah beberapa perlengkapan kuliah maba yang penting diperhatikan. Sebab, sebentar lagi akan memasuki masa perkuliahan untuk tahun akademik 2023/2024.

https://edukasi.kompas.com/read/2023/08/07/140900771/7-perlengkapan-kuliah-maba-apa-saja-itu-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke