Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Kampus Terbaik di Thailand buat Kuliah S1-S3

KOMPAS.com - Berencana kuliah S1 sampai S3 ke luar negeri? Cobalah mencari kampus di kawasan Asia. 

Ada banyak negara di benua Asia yang punya perguruan tinggi terbaik di dunia. Salah satunya, kampus yang berada di negara Asia Tenggara seperti Thailand.

Thailand bukan hanya menarik untuk dikunjungi, tetapi banyak juga kampus yang unggul di level dunia.

Apa saja kampus terbaik di Thailand itu? Simak info lengkapnya berikut ini, dilansir dari laman layanan bimbingan belajar Bahasa Inggris untuk studi ke luar negeri, Titik Nol English.

10 kampus terbaik di Thailand

1. Chulalongkorn University

Universitas ini merupakan universitas tertua di Thailand. Universitas ini didirikan oleh Raja Rama VI sebagai penghormatan kepada ayahnya.

Universitas ini menduduki peringat pertama sebagai universitas terbaik di Thailand. Sementara, kampus ini menempati peringkat 211 sebagai perguruan tinggi terbaik di dunia menurut QS World University Rangking pada tahun 2024.

2. Mahidol University

Pada awalnya, Mahidol University adalah kampus khusus mahasiswa kedokteran di tahun 1943.

Lalu berkembang, dan kini punya banyak jurusan untuk semua mahasiswa internasional.

Meski sudah punya banyak jurusan lain, kampus ini tetap menjadi yang terbaik untuk bidang sains dan kedokteran. Serta punya program studi doktor terbanyak daripada universitas manapun di Thailand.

3. Chiang Mai University

Chiang Mai university merupakan kampus terbesar di wilayah utara Thailand yang berfokus pada bidang sains.

Kampus ini menjadi salah satu dari 10 universitas populer di Thailand karena Chiang Mai University masuk dalam 150 teratas untuk program kehutanan dan pertanian. Selain itu Universitas ini juga menduduki peringkat ke 571 peringkat terbaik di dunia.

4. Thammasat University

Thammasat University diresmikan pada 1934. Universitas ini awalnya hanya fokus ke ilmu hukum dan politik.

Namun kini sudah berkembang pesat dan merambah ke berbagai disiplin keilmuan, termasuk sains, teknologi, dan kesehatan.

Universitas ini memiliki 23 fakultas dan terdiri dari 240 program studi. Bidang studi terfavorit di universitas ini adalah program studi ilmu pengetahuan budaya dan sosial. Dua program studi ini mampu mengangkat nama Thammasat University di mata masyarakatnya. Dua program studi tersebut merupakan yang paling banyak diminati dan seleksinya juga sangat ketat.

5. Kasetsart University

Kampus terbaik di Thailand lainnya, adalah Universitas populer di Thailand urutan ke 5 Kasetsart University. Universitas ini merupakan universitas dengan basis bidang riset yang bertempat di Bangkok. Universitas ini juga merupakan universitas terbesar di Thailand.

Universitas ini dulunya merupakan universitas agrikultural pertama di Thailand dan menduduki peringkat ke 29 terbaik di dunia untuk program studi ilmu agrikultur. Universitas ini juga membuka program internasional untuk jurusan ini.

6. Prince of Songkia University

Kampus ini merupakan kampus terbesar yang ada di sebelah selatan negara Thailand yang berdiri pada 1967.

Bidang unggulan di Universitas ini adalah Kedokteran, Biologi, Fisika, dan Pertanian. Universitas ini juga mengambil peran aktif dalam melestarikan warisan nasional dalam bidang seni dan budya.

7. Khon Kaen University

Khon Khaen Unibersity merupakan universitas riset negeri pertama dan terbesar di wilayah timur laut negara Thailand.

Universitas ini menjadi salah satu yang bergerak dalam memanfaatkan energi bersih di lingkungan kampus. Bidang studi favorit di universitas ini adalah kedokteran, teknik, pertanian, ilmu sosial, dan sains. Serta bidang riset unggulannya adalah bidang kedokteran tropis, pertanian, serta kesehatan masyarakat.

8. King Mongkut,s University of Technology Thonbury

King Mongkut’s University telah berdiri sejak 1960 dan menjadi universitas teknologi terbaik di Thailand.

Universitas ini merupakan universitas negeri dengan 3 fakultas jenjang sarjana, 6 fakultas jenjang master, dan 11 fakultas untuk jenjang doktor. Universitas ini juga terdapat banyak program beasiswa untuk mahasiswa internasional.

9. King Mongkut's University of Technology Ladkrabang

Sementara untuk King Mongkut's University of Technology yang berada di Ladkrabang, juga masuk dalam daftar kampus terbaik di Thailand.

Kampus berfokus pada pendidikan dan penelitian serta masuk dalam 9 universitas riset nasional di negara tersebut.

Jurusan terfavorit di universitas ini adalah Rekayasa, Fisika, Kimia, Ilmu Lingkungan, dan Biologi.

10. King Mongkut's University of Technology North Bangkok

Selain berlokasi di Thonbury dan Ladkrabang, kampus King Mongkut's punya lokasi di Bangkok bagian utara. Kampus ini punya 10 fakultas yang berfokus di bidang teknologi.

Selain itu, kampus ini memiliki reputasi baik dalam hal pendidikan dan penelitian berkualitas. Banyak profesor dan peneliti terkemuka di berbagai bidang bekerja di sini.

Universitas ini telah mencapai beberapa prestasi penting baik di tingkat nasional maupun internasional dalam berbagai bidang akademik dan penelitian.

Itulah 10 kampus terbaik di Thailand yang bisa menjadi rekomendasi studi luar negeri bagi kamu yang ingin kuliah di universitas terbaik di Asia.

https://edukasi.kompas.com/read/2023/10/19/084934371/10-kampus-terbaik-di-thailand-buat-kuliah-s1-s3

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke