Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

15 Situs Jurnal Internasional Gratis buat Tugas Akhir

KOMPAS.com - Semua bentuk tugas akhir perlu didasarkan pada sumber ataupun penelitian yang mendukung. Salah satu sumber yang bisa digunakan adalah jurnal internasional.

Tetapi, tidak semua jurnal internasional bisa diakses secara gratis. Terkadang, akses ke jurnal-jurnal ini bisa menjadi sulit dan mahal.

Untuk membantu kamu menyelesaikan tugas akhir, ada 15 rekomendasi situs jurnal internasional gratis. Ini rincian selengkapnya dilansir dari laman Universitas Pendidikan Ganesha atau Undiksha, Kamis (26/10/2023):

15 situs jurnal internasional gratis

1. Directory of Open Access Journals (DOAJ)

DOAJ adalah direktori yang mengindeks ribuan jurnal akses terbuka di berbagai bidang ilmu. Ada lebih dari 10.000 jurnal dari berbagai negara di dunia. Maka dari itu, bisa klik laman ww.doaj.org

2. ResearchGate

Lewat laman www.researchgate.net, ada banyak jurnal gratis yang bisa diunduh. Meskipun menyediakan akses gratis, namun ada juga beberapa karya ilmiah yang membutuhkan izin.

3. SpringerOpen

SpringerOpen adalah platform penerbitan dengan akses gratis yang mencakup berbagai bidang ilmu. Situs ini menyediakan akses gratis ke jurnal-jurnal Springer yang diterbitkan secara terbuka. Jadi coba klik saja laman www.springeropen.com.

4. Google Scholar

Google Scholar adalah mesin pencari akademik yang dapat digunakan untuk menemukan artikel-artikel ilmiah dari berbagai sumber. Meski ada yang tidak gratis, kamu bisa mencari jurnal berkualitas dan e-book.

5. ProQuest

ProQuest adalah database (pangkalan data) jurnal elektronik yang berpusat di Ann Arbor, USA. Dalam situs ini, tak hanya tersedia jurnal Internasional, tetapi juga buku, video dan audio pembelajaran, dan surat kabar.

6. Academia.edu

Situs ini populer bagi mahasiswa Indonesia. Cukup banyak jurnal internasional yang bisa diakses dan disesuaikan dengan kebutuhanmu.

7. International Journal of Education & the Arts

Situs jurnal internasional ini berfokus pada bidang pendidikan dan seni. Jurnal ini bertujuan untuk mempublikasikan penelitian dan kajian teoritis yang mengintegrasikan pendidikan dan seni sebagai elemen penting dalam pembelajaran dan pengembangan individu. IJEA diterbitkan secara daring dan tersedia secara gratis untuk diakses oleh pembaca di seluruh dunia lewat laman http://www.ijea.org.

8. BioMed Central

BioMed Central adalah penerbit jurnal ilmiah dengan akses gratis yang mencakup berbagai bidang biologi, kedokteran, dan ilmu kesehatan. Situs ini menyediakan akses gratis ke artikel-artikel ilmiah berkualitas tinggi lewat laman www.biomedcentral.com

9. E-journal Undiksha

Platform ini dikelola oleh Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha). Ejournal Undiksha memberikan kemudahan akses ke konten-konten secara online dan merujuk ke publikasi ilmiah yang relevan, terdapat berbagai bidang ilmu terbitan jurnal seperti pendidikan, bahasa dan sastra, ilmu sosial, matematika, sains, teknologi dan bidang lainnya.

10. Perpustakaan Nasional

Tak cuma menyediakan e-book, Perpusnas juga punya banyak jurnal internasional yang bisa diakses mahasiswa. Syaratnya, tentu harus terdaftar sebagai anggota Perpusnas.

11. Public Library of Science (PLOS) 

Lewat laman www.plos.org, ini adalah situs dari kelompok penerbit jurnal ilmiah bagi semua mahasiswa berbagai jenjang. Jurnal ini menyajikan penelitian asli dengan fokus pada metode ilmiah yang kuat dan hasil yang dapat direproduksi.

12. PubMed Central

PubMed Central adalah arsip digital yang memberikan akses gratis ke artikel ilmiah dalam bidang biomedis dan kesehatan. Situs ini mencakup jurnal-jurnal yang diterbitkan oleh National Institutes of Health (NIH) dan penerbit lainnya.

13. arXiv

Lewat laman arxiv.org, laman ini adalah repositori yang berfokus pada bidang fisika, matematika, komputer, dan ilmu komputasi lainnya.

14. Hindawi

Hindawi adalah penerbit jurnal ilmiah dengan akses gratis yang mencakup berbagai bidang, termasuk sains, teknik, kedokteran, dan ilmu sosial.

15. Open Access Library

Open Access Library adalah platform yang menyediakan akses gratis ke ribuan jurnal ilmiah akses terbuka dalam berbagai bidang. Situs ini memungkinkan akses bebas tanpa batasan kepada para peneliti dan mahasiswa akhir.

Itulah 15 situs jurnal internasional gratis buat mahasiswa.

https://edukasi.kompas.com/read/2023/10/26/200000871/15-situs-jurnal-internasional-gratis-buat-tugas-akhir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke