Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Prospek Kerja Lulusan Hubungan Internasional, Diplomat hingga Ekspor-Impor

KOMPAS.com - Jurusan Hubungan Internasional (HI) menjadi salah satu jurusan kuliah yang populer bagi calon mahasiswa.

Dilansir dari laman resmi London School of Public Relation (LSPR), jurusan HI adalah jurusan di perguruan tinggi yang mengkaji tentang hubungan internasional antar negara.

Mulai dari mempelajari dinamika politik, ekonomi, dan sosial budaya antarnegara, serta mencari solusi dalam mengatasi permasalahan global.

Jurusan HI juga akan mengajarkan banyak skill pada mahasiswanya. Berikut daftar skill yang akan diajarkan dalam jurusan HI:

1. Kemampuan negosiasi dan mediasi

Mahasiswa jurusan HI memiliki ciri identik dengan keterampilan negosiasi dan mediasi. Mengingat, mahasiswa sebenarnya disiapkan untuk menjadi seorang diplomat.

Dalam studi HI, mahasiswa HI belajar teknik negosiasi dan mediasi yang penting dalam memfasilitasi dialog antara pihak-pihak yang berbeda dalam konteks hubungan internasional.

Mahasiswa diajari bagaimana melakukan negosiasi efektif untuk mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan dan menyelesaikan konflik secara damai.

Demikian juga dengan keterampilan mediasi untuk membantu pihak-pihak yang terlibat dalam konflik menemukan titik temu.

2.Kemampuan Komunikasi

Ketika masuk jurusan HI mahasiswa biasanya akan kesempatan berinteraksi dengan individu dari berbagai budaya dan latar belakang.

Sehingga nantinya akan lebih mudah mengenal berbagai macam budaya dan akan siap terjun ke dunia kerja.

3. Kemampuan berpikir analitis dan kritis

Mahasiswa HI akan diajarkan kemampuan berpikir analitis dan kritis. Mulai dari dilatih untuk menganalisis informasi yang kompleks, memahami berbagai sudut pandang, hingga mengembangkan pemikiran kritis dalam menghadapi isu-isu global.

Selain itu, para mahasiswa juga diajari cara mengelola perbedaan budaya dan politik antarnegara.

4. Kemampuan Pemecahan Masalah

Jurusan HI juga akan melatih mahasiswa mengidentifikasi dan menganalisis masalah yang muncul dalam konteks hubungan internasional.

Mahasiswa HI belajar untuk memahami akar permasalahan, mengumpulkan data dan informasi yang relevan, serta mengembangkan strategi dan solusi yang efektif untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Diplomat

Lulusan HI biasanya memiliki peluang menarik untuk bekerja sebagai diplomat di kedutaan besar atau konsulat.

Sebagai diplomat, tugas utama mereka adalah bernegosiasi dengan diplomat dari negara-negara lain, mempromosikan kepentingan nasional, dan memfasilitasi kerjasama internasional dalam berbagai bidang seperti politik, ekonomi, dan sosial.

2. Konsultan politik

Setelah lulus, mahasiswa HI juga bisa bekerja sebagai konsultan politik yang bertugas memberikan saran dan analisis kepada pemerintah, lembaga nirlaba, atau perusahaan swasta tentang isu-isu politik dan kebijakan luar negeri.

Mereka membantu klien dalam memahami makna politik dari keputusan yang diambil, menganalisis risiko dan peluang dalam lingkungan politik global, serta membantu merancang strategi yang sesuai dengan tujuan dan kepentingan.

3. Analis kebijakan luar negeri

Lulusan HI juga mempunyai kesempatan untuk menjadi analis kebijakan luar negeri yang bertugas menganalisis dan menganalisis peristiwa dan tren global yang mempengaruhi hubungan internasional.

Tugas mereka adalah mengumpulkan data dan informasi relevan, menganalisis keadaan politik, ekonomi, sosial, dan keamanan di berbagai negara, serta memberikan rekomendasi kebijakan kepada pemerintah atau organisasi internasional.

4. Pengamat Keamanan Internasional

Menjadi pengamat keamanan internasional juga salah satu prospek pekerjaan bagi lulusan HI.

Pada bidang pekerjaan ini, lulusan HI akan menganalisis isu-isu keamanan global dan konflik bersenjata di berbagai belahan dunia.

5. Jurnalis atau wartawan internasional

Lulusan HI juga bisa mengembangkan karier sebagai jurnalis atau jurnalis internasional.

Lulusan HI akan bekerja untuk media massa atau lembaga berita internasional, meliput berita dan acara di tingkat internasional hingga melakukan investigasi, wawancara, dan penelitian untuk menyajikan berita yang objektif dan akurat kepada masyarakat global.

6. Karier di organisasi internasional

Selain itu, lulusan HI juga memiliki kesempatan untuk bekerja di lembaga-lembaga internasional, seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), organisasi internasional, dan badan-badan internasional lainnya.

7. Ahli ekspor impor

Ekspor dan impor merupakan bentuk perdagangan internasional yang lumrah dilakukan oleh setiap negara. Hal ini karena kegiatan ekspor dan impor memiliki peranan yang penting dan berdampak pada perekonomian suatu negara.

https://edukasi.kompas.com/read/2024/02/29/101340271/prospek-kerja-lulusan-hubungan-internasional-diplomat-hingga-ekspor-impor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke