Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lee Datang Sebagai Sahabat

Kompas.com - 13/01/2008, 12:51 WIB

JAKARTA, KCM - Mantan Perdana Menteri Singapura Lee Kuan Yeuw datang membesuk mantan  Presiden RI Soeharto, Minggu (13/1), sebagai seorang sahabat. Demikian diungkapkan mantan Menteri Sekretaris Negara  (Mensesneg) era kepemimpinan Soeharto, Moerdiono, yang ikut menemani Lee.

Saat bertemu keluarga Soeharto, Lee menyampaikan rasa  keprihatinannya atas kondisi Soeharto yang sakit. "Dapat kita ketahui Pak Lee dan Soeharto bersahabat cukup lama. Pak Lee mengatakan beliau teringat kembali persahabatannya selama 30  tahun," ujar Moerdiono. "Beliau katakan peran Soeharto sangat besar membawa perubahan menuju  kemajuan Indonesia, Singapura dan wilayah regional."

Lee tiba di Rumah Sakit Pusat Pertamina  (RSPP), Jakarta, sekitar pukul 11.38 WIB. Namun karena Soeharto masih dalam keadaan kritis dan belum sadar, Lee berkunjung tidak lama, hanya sekitar 15 menit.

"Sampai sekarang alat-alat masih terpasang, dan beliau (Pak Harto) tidak  sadar. Pak Lee tidak bisa berkomunikasi dengan Pak Harto," kata Moerdiono.

Seusai membesuk, ia juga tidak bersedia melayani wawancara  puluhan wartawan yang menunggu di depan pintu utama RSPP. Ia hanya melempar senyum, sembari memasuki mobil Mercedes Benz hitam yang membawanya meninggalkan RSPP untuk langsung ke bandara dan menuju Singapura.

Ini adalah kunjungan pertama kali Lee tahun ini. Sebelumnya Lee  pernah berkunjung 2 kali ke kediaman Soeharto di Cendana. Lee menjabat  PM Singapura cukup lama, hampir sama seperti Soeharto. Selain Lee, mantan PM Malaysia Mahatir Muhammad juga dikenal dekat dengan Soeharto. 

Laporan wartawan Persda Network/Mohammad Abduh dan wartawan Kompas V Hanni Sulistyaningtias

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com