Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

X-Gear, Varian Baru Livina Mulai Dipasarkan

Kompas.com - 07/05/2008, 08:31 WIB

JAKARTA, RABU- Sejak awal Mei ini, para pencinta otomotif mendapat satu pilihan baru dengan dipasarkannya Livina X-Gear. Varian hatchback subkompak dari Nissan yang berbasis pada Livina XR tersebut secara serentak dipamerkan di sejumlah pusat perbelanjaan di Jakarta serta seluruh showroom Nissan di Indonesia.

Varian ketiga, sekaligus terakhir dari keluarga Livina, ini dapat disaksikan di Mal Cinere (26 April-7 Mei), Plaza Buaran (2-11 Mei), Cibubur Junction (3-11 Mei), ITC Cempaka Mas (4-13 Mei), Mal Taman Anggrek (5-11 Mei), Mal Kelapa Gading (5-11 Mei), Mal Ambassador (8-19 Mei), Megamal Pluit (9-18 Mei), Mal Pondok Indah (12-18 Mei), Supermal Karawaci (15-26 Mei), Metropolitan Mal (16-25 Mei), dan Sunter Mall (16-27 Mei).

Nissan Livina X-Gear yang hanya dipasarkan di Indonesia ini ditawarkan dalam dua varian, yakni Livina X-Gear M/T dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan dan Livina X-Gear A/T bertransmisi otomatis 4-percepatan. Masing- masing dipasarkan dengan harga Rp 157,5 juta dan Rp 165,5 juta (on the road wilayah Jakarta).  ”Penjualan Livina X-Gear ditargetkan mencapai angka 500 unit per bulan,” kata Teddy Irawan, Deputy Director National Sales & Promotion PT Nissan Motor Indonesia.

Ditemui saat memperkenalkan varian tersebut kepada media, pertengahan April lalu, Teddy mengaku optimistis mencapai target tersebut meskipun ia tak membantah bahwa bisa saja terjadi kanibalisasi target terhadap Livina XR bahkan Grand Livina. "Ya, kanibal pasti akan ada, tapi angkanya pasti tidak akan besar," jawabnya.

Peminat Livina mungkin bisa bingung dalam menentukan pilihan sebab sosok Livina X-Gear sama persis dengan Livina XR. Perbedaannya terletak pada sejumlah variasi di bagian eksterior dan interiornya untuk menciptakan kesan sporty, seperti  desain gril baru dengan latar belakang warna hitam, desain velg yang sedikit berbeda dengan XR, front & rear bumper protector, over fender, side moulding, back door ornament, serta roof rail yang mampu menopang beban hingga 25 kg.

Bagian interior Livina X-Gear didesain untuk mendukung gaya hidup aktif serta aktivitas outdoor. Material interior sengaja dipilih berwarna gelap sehingga tidak lekas kotor. Bahan pelapis kursi dipilih rona hitam berpadu merah. Sementara, dasboard dan door trim dilengkapi silver finisher. Aksen yang sama juga terdapat pada panel instrumen analog yang dilengkapi silver ring ornament.

X-Gear pun dibekali mesin berkapasitas 1.500 cc sama seperti Grand Livina 1.5 dan Livina XR. Nah, yang berbeda dengan XR, X-Gear dilengkapi SRS air bag (kursi pengemudi). Ada pula Collapsible Steering Column, 3-point seatbelts with pre-tentioner, serta brake assist sebagai fitur keselamatan. ”Dari Nissan Grand Livina yang elegan untuk keluarga muda, Nissan Livina XR bagi pribadi muda yang aktif, dan terkini adalah Nissan Livina X-Gear, dikhususkan bagi pribadi yang aktif dan dinamis serta ingin tampil beda,” kata Teddy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com