Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berbagai Event Sambut Hari Lingkungan Sedunia

Kompas.com - 30/05/2008, 13:01 WIB

JAKARTA,JUMAT - Menyambut peringatan hari lingkungan hidup sedunia yang jatuh pada 5 Juni mendatang, Kementerian Lingkungan Hidup akan menganugerahkan sejumlah penghargaan yang berkaitan dengan prestasi individu, kelompok atau instansi dan wilayah di Indonesia dalam memelihara kelestarian lingkungan hidup.

Semangat yang akan menjadi nafas peringatan ini adalah 'Ubah Perilaku dan Pencemaran Lingkungan'. Tema ini merupakan adaptasi dari tema peringatan sedunia yang dicanangkan oleh United Nation Environmet Program (UNEP), yaitu Kick The Habit Towards A Low Carbon Economy.

"Kalau lihat tema kita, kita musti ubah perilaku kita. Dalam tema ini kita mengaku kalau perilaku kita memang masih buruk. Yang gampang aja masih sering dilakukan, jangan buang sampah sembarangan padahal itu tindakan kecil. Padahal KLH baru saja menggolkan UU Pengelolaan Sampah," ujar Menteri Lingkungan Hidup Rachmat Witoelar di Jakarta, Jumat (30/5).

Meski demikian, Rachmat mngatakan bahwa pola hidup bersih di Indonesia jauh berkembang lebih baik dibandingkan waktu-waktu sebelumnya, seperti pengalamannya menemui anak-anak yang sudah disiplin membuang sampah pada tempatnya. "Kalau longsor-longsor itu karena hutan kita rusak. Tapi ini kan siklus tahunan, sepuluh tahun sekali. Sepuluh tahun hutan dirusak, sepuluh tahun kita tanggung akibatnya. Jadi akibatnya bukan besok atau seminggu, tapi ke generasi berikutnya," kata Rachmat.

Seperti dituturkan Deputi Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat Sudaryono yang juga bertindak sebagai Ketua Panitia Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2008, sejumlah penghargaan yang akan diberikan adalah Kalpataru 2008, Adipura, Status Lingkungan Hidup Daerah 2008, dan Program Adiwiyata.

Selain itu, KLH juga menyelenggarakan pameran lingkungan hidup yang juga berkaitan dengan Corporate Social Responsibility (CSR) dan Pemberdayaan Masyarakat di Jakarta Convention Center (JCC) pada tanggal 5-8 Juni mendatang. KLH juga menggelar Mega Konser Lingkunga Hidup yang akan digelar di Monas pada tanggal 15 Juni mendatang dan menghadirkan artis-artis ternama, seperti Tiga Diva, Nugie, Slank, dan Iwan Fals. "Puncak acaranya tetap yang 5 Juni itu di Istana Negara," tandas Sudaryono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com