Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalpataru Tahun Ini 12 Penghargaan

Kompas.com - 30/05/2008, 23:39 WIB

JAKARTA, JUMAT - Penghargaan Kalpataru tahun 2008 akan dianugerahkan kepada 12 orang dan kelompok masyarakat yang telah menunjukkan kepeloporan dan sumbangsih dalam upaya pemeliharaan serta kelestarian fungsi lingkungan hidup di Indonesia.

Gempur Adnan, Deputi Menteri Lingkungan Hidup bidang Pengendalian Pencemaran Lingkungan di Jakarta, Jumat, mengatakan, sidang Dewan Pertimbangan Kalpataru pada 23 Mei lalu telah memutuskan bahwa tahun 2008 ada 12 orang dan kelompok yang berhak mendapat trofi Kalpataru dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Para penerima trofi Kalpataru itu adalah lima orang perintis lingkungan, tiga orang pengabdi lingkungan, tiga kelompok penyelamat lingkungan dan satu orang pembina lingkungan, kata Gempur.

"Para peraih trofi Kalpataru akan menerima penghargaan tepat pada hari puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup 2008, di Istana Negara Jakarta," katanya.

Menurut data Kementerian Negara Lingkungan Hidup (KLH), sejak Kalpataru diberikan kepada perseorangan dan kelompok masyarakat yang memperjuangkan lingkungan hidup pada tahun 1980, sedikitnya 240 orang/kelompok telah menerima penghargaan ini.

Penghargaan dibagi menjadi empat kategori, yakni perintis lingkungan (69 penerima), pengabdi lingkungan (60 penerima), penyelamat lingkungan (75 penerima) dan pembina lingkungan (36 penerima).

Untuk Kalpataru tahun 2008, panitia seleksi yang diketuai Prof Didin Sastrapradja menerima 166 calon penerima, masing-masing 57 orang perintis lingkungan, 34 orang pengabdi lingkungan, 39 kelompok penyelamat lingkungan dan 36 orang pembina lingkungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com