Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Boneka Robot Asimo Diserbu

Kompas.com - 12/07/2008, 15:05 WIB

JAKARTA, SABTU - Ruang Cendrawasih Jakarta Convention Center yang dikuasai  Honda Prospect Motor dengan berbagai produk andalannya pada siang hari mendadak diserbu oleh anak-anak. Mereka penasaran dengan sebuah robot yang diciptakan Honda, Asimo. Seusai menyaksikan pertunjukan, puluhan anak-anak bersama dengan orangtuanya mendatangi sebuah gerai yang masih terdapat di ruang Cendrawasih. Rupanya, gerai itu menyediakan berbagai pernak-pernik berbau Asimo.

Berbagai macam barang bergambar Asimo itu terpampang dan siap untuk dibeli. Menurut SPG yang bertugas di gerai itu, Felicia, robot Asimo berukuran kecil serta gantungan kunci dan ponsel Asimo adalah yang paling diburu oleh konsumen. Harganya yang terjangkau, kata Felicia, membuat kedua jenis barang itu laris manis bak kacang goreng.

Arlok tersenyum puas dengan sebuah robot Asimo kecil di tangannya. Siswa kelas II SD Al Azhar Makassar, Sulawesi Selatan, yang tengah berlibur di Jakarta itu mengaku sangat senang dengan Asimo. "Habisnya pintar, bisa diajak bermain," kata Arlok. Robot seharga Rp 127.000 itu pun siap diboyongnya ke Makassar.

Demikian pula dengan sepupu Arlok, Aimi. Siswi kelas IV SD Al Azhar Jakarta ini juga mengidolakan Asimo. Menurut ibunya, Tini, selama ini anaknya hanya mengetahuinya dari brosur ataupun artikel tentang robot yang bisa mengikuti perintah manusia itu. "Dengan ini anak-anak jadi tahu. Ooo.., ternyata sekarang teknologinya sudah semaju ini. Bisa bikin robot dengan teknologi tinggi. Saya pikir ini bisa memacu anak-anak supaya mereka juga tertantang punya keinginan untuk membuat yang lebih canggih kalau sudah besar nanti," kata Tini.

Bagi Ardi beda lagi. Bapak dua anak ini ingin menunjukkan hal baru kepada anak-anaknya, termasuk robot Asimo. Ia selalu menekankan kepada anaknya bahwa keberadaan robot tersebut hanya melengkapi kehidupan manusia. "Saya bilang dan saya berharap robot seperti ini hanya sebagai teman, tapi jangan sampai menggantikan kerja manusia," ujar Ardi yang menemani anaknya membeli robot Asimo. Maklum saja, Asimo bisa melakukan apa saja yang diperintahkan dan bisa berbuat hal-hal yang lazim dilakukan oleh manusia.

Nah, inilah beberapa pernak-pernik Asimo yang siap diburu. Harganya? Bervariasi, tinggal disesuaikan dengan kantong saja: pulpen (Rp 38.000), cutlery (Rp 85.000), mobile phone dangle (Rp 68.000), payung (Rp 170.000), pin (Rp 118.000/3 pcs), plamodel (Rp75.000), topi (Rp135.000), jaket (Rp 380.000), handuk (Rp 280.000), mug (Rp 75.000), handy fan (Rp 85.000). Maksimal pembelian per item hanya lima pieces.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com