Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ford Verve Seharga Honda Jazz

Kompas.com - 14/07/2008, 19:41 WIB

JAKARTA, SENIN - Di stan Ford terpajang satu sedan konsep Verve yang menjadi maskot Ford Motor Indonesia (FMI) dalam ajang pameran mobil internasional (IIMS) 2008 di JCC. Kendaraan ini baru akan diproduksi massal pada 2010 dan akan meramaikan pasar mobil di Tanah Air.

Dilihat dari desainnya, Anda pasti memperkirakan harganya cukup tinggi, dengan harga terendah Rp 400 juta. Bagi yang sudah melihat dari dekat, pasti mengira harganya akan jauh lebih tinggi lagi. Sebab, rancangannya dinilai sebagai sebuah terobosan terbaru dalam dunia industri otomotif lantaran menggunakan konsep desain kinetik.

Tampak sekali tarikan-tarikan garis kuat dan lekukan-lekukan body yang halus sebagai cerminan kinetiknya. Tampilnya sosok Verve itu juga sebagai informasi bahwa bentuk eksteriornya menjadi barometer desain kendaraan di dunia industri otomotif sekaligus sebagai acuan rancangan sedan kecil di masa mendatang.

Mau tahu berapa harga pastinya? "Nantinya akan bersanding tipis dengan Honda Jazz," kata Operation Manager Ford Jakarta Timur J Andre Dumais kepada Kompas.com. Diperkirakan, harganya berkisar Rp 150 juta-Rp 160 juta, berarti akan bersaing dengan Toyota Yaris dan Suzuki Swift.

Dari segi bentuk memang beda, tapi ada kemungkinan tahun 2010, Jazz, Yaris, dan Swift juga punya bentuk seperti itu. Yang menguatkan lagi, Verve bakal bertempur dengan tiga kompetitornya soal dapur pacu. "Mesinnya, juga nggak beda jauh dengan Jazz, berkisar 1.500 cc," kata Andre. Ia juga akan membuat balapan one make race (OMR) Verve jika sudah masuk Indonesia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com