Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Robotic Explorer Gugah Kreativitas Anak

Kompas.com - 07/09/2008, 14:43 WIB

JAKARTA, MINGGU - Lembaga Pendidikan di bidang robot, Robotic Explorer, bekerja sama dengan Agung Podomoro Group menggelar kompetisi membuat robot yang bertema TOUCH d' Art, Minggu (7/9) di Marketing Gallery Podomoro City, Jakarta. Menurut Manajer Marketing Robotic Explorer Jully Tjindrawan, kompetisi ini bertujuan meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak-anak Indonesia untuk dapat berdiri sejajar dengan dunia Internasional.

Kompetisi robot ini terdiri dari lima cabang. Yang pertama adalan Sense of Your Family. Pada cabang ini, peserta lomba akan bekerja sama dengan anggota keluarga untuk merakit sebuah konstruksi kapal terbang. Perlombaan ini bertujuan mengasah keterampilan merakit, kecepatan, dan kerja sama.

Yang kedua adalah Sense of Your Color. Pada cabang ini, peserta lomba berkompetisi mewarnai gambar robot Wall-E. Melalui cabang ini, peserta lomba akan menggunakan kepekaannya terhadap warna.

Yang ketiga adalah Sense of Your Creativity. Pada cabang ini, peserta lomba berkompetisi merancang wajah robot dari barang-barang bekas pakai, seperti botol air mineral, kardus, kertas koran, dan lainnya. Melalui cabang ini, peserta akan mengeluarkan daya kreativitas dan imajinasinya seunik mungkin.

Yang keempat adalah Sense of Your Dream. Pada cabang ini, peserta lomba berkompetisi merancang konstruksi bangun tiga dimensi dengan menggunakan komputer. Melalui cabang ini, peserta lomba akan menggeluarkan daya kreativitas dan imaginasinya.Sedangkan yang terakhir adalah Sense of Your Experience.

Dalam cabang ini, peserta lomba akan berkompetisi menyusun rangkaian elektronik sebagai bagian dari robot. Kompetisi ini diikuti oleh sekitar 200 pelajar TK, SD, dan SMP dari sekolah-sekolah bertaraf nasional, national plus, dan internasional, seperti Global Nusantara, Singapore International School, BPK Penabur, dan lainnya. Panitia akan mengambil tiga pemenang dari masing-masing cabang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com