Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semboyan Dijalankan, Sertifikat Didapatkan

Kompas.com - 01/05/2009, 08:20 WIB

"We provide information to produce knowledge"

Itulah semboyan Perpustakaan Universitas Sanata Dharma. Dan semboyan itu bukan sekedar kata-kata, namun menjadi dasar berpijak bagi pelayanan perpustakaan itu. Hasilnya, Perpustakaan USD dinyatakan telah memenuhi persyaratan sistem manajemen mutu dan layak menerima sertifikat ISO 9001:2008.

Sertifikat tidak serta merta turun dari langit. Pihak perpustakaan sebelumnya mempersiapkan diri selama satu tahun dengan membuat dokumen-dokumen mutu dan menjalani audit internal oleh Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Sanata Dharma dan audit eksternal oleh SGS International.

SGS adalah sebuah lembaga sertifikasi manajemen mutu internasional yang berkantor pusat di kota Geneva, Swiss. Serah terima sertifikat secara resmi dilaksanakan pada hari Jumat, 1 Mei 2009, di Ruang Maulana, Perpustakaan USD, Kampus Mrican, Yogyakarta.

Sistem manajemen mutu Perpustakaan USD disusun selaras dengan persyaratan-persyaratan ISO 9001:2008 yang berstandar internasional. Implementasi persyaratan-persyaratan tersebut oleh setiap Bagian di Perpustakaan USD dilaksanakan melalui prosedur-prosedur operasional standar yang dilengkapi dengan instruksi kerja dan formulir-formulir yang diperlukan.

Dengan demikian Perpustakaan USD dalam pelayanannya secara sistematis senantiasa terarah kepada kepuasan para penggunanya dengan melaksanakan peningkatan diri secara berkesinambungan, dan lebih mantap dalam menghayati semboyannya di atas.

Sertifikat ISO 9001:2008 ini akan berlaku selama tiga tahun, yaitu sampai dengan tahun 2012. Setiap enam bulan dalam kurun waktu tiga tahun, Perpustakaan USD akan diaudit-ulang oleh SGS di samping audit internal oleh Lembaga Penjaminan Mutu USD.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com