Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa FH UMY Belajar Hukum ke Malaysia

Kompas.com - 12/06/2009, 10:26 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Enam mahasiswa Fakultas Hukum (FH)
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) akan bertolak ke Malaysia, mengikuti program pertukaran mahasiswa di Ahmad Ibrahim Kulliyyah of Laws International Islamic University of Malaysia (AIKOL IIUM).

"Mereka berangkat ke Malaysia pada 20 Juli 2009 mendatang," ujar Iwan Satriawan, Direktur Program Internasional FH UMY, di Yogyakarta, Jumat (12/6).

Menurut Iwan, keenam mahasiswa itu diambil dari berbagai angkatan mulai 2005 hingga 2007. Mereka telah melewati serangkaian seleksi dan selanjutnya akan tinggal di asrama AIKOL IIUM untuk mengikuti kuliah selama satu bulan.

"Selama di Malaysia mereka juga diharuskan mempresentasikan makalah mengenai sistem hukum di Indonesia," katanya.

Iwan menambahkan, program pertukaran mahasiswa itu merupakan program unggulan FH UMY bekerja sama dengan AIKOL IIUM yang telah berlangsung
sejak 2007.

"Selain mengirimkan mahasiswanya UMY juga menerima mahasiswa dari AIKOL untuk belajar di sini selama satu bulan," katanya.

Menurutnya, program pertukaran mahasiswa ini merupakan salah satu bentuk peningkatan mutu FH UMY. Pihak UMY ingin memicu mahasiswanya untuk berpikiran maju dan berwawasan internasional.

"Kami menginginkan agar mahasiswa mendapatkan pengalaman internasional melalui program tersebut," katanya.

Dia mengatakan, dipilihnya AIKOL IIUM sebagai tempa melaksanakan program dilihat dari pertimbangan bahwa AIKOL merupakan universitas internasional yang juga kaya keragaman budaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com