Universitas Leiden Bakal Kerjasama Pendidikan di Sultra

Kompas.com - 16/06/2009, 13:33 WIB
Editor

KENDARI, KOMPAS.com - Pemerintah Belanda menjajaki kerjasama di bidang pendidikan dengan rencana memberikan bantuan penguatan sistem pendidikan dan kesempatan belajar bagi putra-putri asal Sulawesi Tenggara (Sultra) ke Belanda.

Duta Besar Belanda untuk Indonesia Nikolaus Van Dam pada acara ramah tamah dengan jajaran Pemerintah Provinsi Sultra di Kendari, Senin malam (15/6) mengatakan, rencana kerjasama itu sedang didalami untuk segera diwujudkan. Van Dam mengatakan, salah satu universitas yang akan berpartisipasi dalam kerjasama ini, yakni Universitas Leiden.

Hanya, dubes Belanda tersebut tidak merinci mengenai bentuk kerjasama itu karena masih dibahas lebih lanjut. Namun, Van Dam mengatakan, kerjasama ini terilhami dari hubungan erat yang terjalin antara Belanda dengan Indonesia dalam kurun waktu yang lama.

Menurut Van Dam, pendidikan, budaya, dan sejarah menjadi inti dari bentuk kerjasama yang akan diwujudkan antara kedua belah pihak.

"Lembaga pendidikan sejarah di Leiden sudah ada untuk mengkaji itu," ujarnya.

Van Dam juga mengagumi kekayaan budaya yang dimiliki oleh Sultra. Dengan adanya kerjasama di bidang pendidikan ini, kebudayaan Sultra bisa dikenal luas, termasuk oleh masyarakat Belanda. Van Dam menyebut Sultra sebagai sebuah "keajaiban yang tersembunyi" karena kekagumannya atas kreasi-kreasi budaya yang diciptakan oleh masyarakat Sultra.

"Saya kagum melihat kemampuan rakyat Sultra dalam menciptakan karya yang sangat berharga," katanya.

Sebelumnya, seorang peneliti asal Indonesia pada Universitas Leiden di Belanda, Suryadi, menemukan adanya sepucuk surat dari Kerajaan Buton berusia hampir 350 tahun tersimpan di Perpustakaan Universitas Leiden. Surat ini diyakini sebagai salah satu surat tertua dari Kerajaan Buton.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.