Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur, Yuk Lihat Singa Putih!

Kompas.com - 02/07/2009, 15:15 WIB

GRESIK, KOMPAS.com — Tidak kurang dari 138 ekor hewan baru didatangkan dari negara Afrika Selatan, Amerika, dan Republik Ceko dan siap menyambut pengunjung Maharani Zoo & Gua Lamongan atau Mazoola.

Binatang yang akan menjadi pusat perhatian tersebut di antaranya adalah singa putih, caracal, dan serval cats dari Afrika Selatan, serta hewan coatimundi dari Republik Ceko.

Menurut Direktur PT Bumi Lamongan Sejati Aris Wibawa, Kamis (2/7), kedatangan ratusan hewan eksotis dari luar negeri tersebut khusus untuk meyambut datangnya musim liburan sekolah. Kedatangan hewan-hewan itu juga melengkapi koleksi Mazoola yang sudah ada sebelumnya.

"Hewan-hewan itu mulai didatangkan Kamis ini, setelah itu didiamkan tiga hari untuk penyesuaian lingkungan. Minggu (5/7) atau Senin depan sudah bisa dinikmati," ujar Aris.

"Pengunjung, terutama kalangan pelajar, akan mendapatkan pengalaman dan pengetahuan tentang dunia hewan yang tidak bisa mereka temui di tempat lain. Hewan-hewan yang ada adalah hewan langka dan eksotis, ini sesuai konsep entertaintment and education kami," ujarnya.

Aris mencontohkan dua ekor singa putih (Panthera leo) dari Afrika Selatan, yang merupakan singa albino. Ada juga dua ekor caracal atau yang sering disebut kucing lynx karena memiliki kemiripan dengan kucing lynx dengan telinga uniknya yang berantena.

Sementara itu, tambah Aris, serval cats (Leptallutus serval) juga memiliki keunikan tersendiri. Jika tidak cermat, pasti orang akan mengira hewan ini cheetah.

"Jika dilihat saksama, hewan ini memiliki pola bintik-bintik seperti cheetah namun dengan ukuran tubuh yang lebih kecil dari cheetah," paparnya.

Aris melanjutkan, semua hewan yang didatangkan itu masing-masing ada yang berkelamin jantan dan betina. Sebelum kedatangan hewan-hewan ini, Mazoola sudah memiliki koleksi sejumlah binatang unik, seperti ular putih, burung merak putih, dan landak putih yang ditempatkan di Puri Albino. Menurut Aris, hewan-hewan yang baru datang tersebut saat ini masih menjalani masa karantina untuk dilakukan adaptasi lingkungan.

Beberapa hewan baru tersebut yang berasal dari Afrika Selatan di antaranya kudu, blesbuck, impala, gemsbuck, nyala, dan springbuck. Dari benua Amerika antara lain lama, ferret, racoon, zebra, mini horse, dan nilgai. Sementara itu, dari Republik Ceko hanya dua jenis hewan, yakni masing-masing tiga ekor bennet wallabies dan coatimundi.

Mazoola menempati areal seluas 2,7 hektar, tepat berada di seberang Wisata Bahari Lamongan (WBL). Kedua tempat wisata ini dihubungkan dengan jembatan penyeberangan yang dilengkapi dengan elevator. Pada 2007 lalu, kata Aris, pengunjung WBL telah menembus angka 1 juta pengunjung lebih tepatnya 1.218.859 pengunjung.

"Dengan adanya Zoo & Goa ini, dipastikan pengunjung wisata Lamongan akan membeludak," kata Aris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com