Olimpiade Matematika Junior, 14 Medali Diboyong

Kompas.com - 11/07/2009, 20:05 WIB
Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelajar SD dan SMP Indonesia berhasil meraih peringkat kedua dalam ajang Olimpiade Matematika Junior Tingkat Dunia atau International World Youth Mathematics Intercity Competition ( IWYMIC) yang berlangsung di Durban , Afrika Selatan pada 5-10 Juli lalu. Indonesia yang mengirimkan 12 pelajar SD dan SMP membawa pulang 13 medali perunggu, 1 medali perak, dan 3 merit award atau penghargaan untuk penampilan terbaik.  

 

"Meski hanya mendapatkan medali perunggu dan perak, prestasi para siswa itu perlu mendapatkan apresiasi. Sebab, pesaing yang mereka hadapi rata-rata berusia diatas 16 tahun. Padahal siswa kita masih usia SD dan kelas 1 SMP," kata Direktur Pembinaan TK/SD Depdiknas Mudjito AK di Jakarta, usai emnyambut tim Indonesia yang tiba kembali di Tanah Air pada Sabtu (11/7).

Peraihan medali oleh Tim Matematika Indonesia itu terdiri dari 8 medali perunggu diperoleh melalui individual contest, 1 medali perak untuk team contest, 2 medali perunggu untuk team contest, dan 3 medali perunggu untuk group award. Lomba tersebut diikuti pelajar dari 35 negara.            

 

Mudjito menjelaskan, Indonesia sudah tiga kali mengikuti kontes matematika junior dari 10 kali kontes yang sudah digelar. Tahun sebelumnya, tim Indonesia berhasil menggondol 4 medali emas. Namun tahun ini medali emas lolos dari genggaman.

 

"Kita akan evaluasi apakah karena faktor kejauhan lokasi tanding atau memang siswa kita kurang siap," ujar Mudjito.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.