Maruarar: Kami Tidak Ingin Menjatuhkan Pihak Tertentu

Kompas.com - 29/11/2009, 13:15 WIB
EditorEdj

JAKARTA, KOMPAS.com — Anggota Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan DPR, Maruarar Sirait, meyakinkan bahwa usulan hak angket untuk Kasus Bank Century (Century Gate) bukanlah untuk menjatuhkan pribadi, kelompok, atau partai tertentu. Ini murni untuk mengawal menuntaskan Century Gate yang menjadi sorotan masyarakat luas.

“Pemilu legistaltif sudah selesai. Pemilu presiden sudah selesai. Kita hadir dan beri selamat pada saat pelantikan SBY,” kata Maruarar yang juga Ketua DPP PDI-P di sela-sela demo Kompak di Bundaran Hotel Indonesia, Minggu (29/11).

Tanpa menyebut pihak mana yang diduga terkait dengan Century Gate, ia mengungkapkan, dengan hak angket ini DPR ingin mengukap siapa yang menerima uang, untuk apa, dan terkait dengan kepentingan apa sampai pemerintah menggelontarkan dana talangan Rp 6,7 triliun. Diduga uang itu digunakan untuk keperluan dana kampanye Pilpres SBY-Boediono. “Kami para pengusung hak angket menilai ada dugaan pelanggaran UU,” ungkap Maruarar.

Ia pun mengklaim jika hak angket ini diterima pada 1 Desember 2009, prosesnya tidak sama dengan hak angket sebelumnya. Pada pemerintahan SBY tahap pertama, DPR juga memanfaatkan hak angketnya, yakni hak angket Blok Cepu, BBM, dan DPT. Namun, sayangnya gaung hak tersebut tidak terlalu bergema.

Lebih jauh, Maruarar menyerahkan kepada masyarakat untuk menilai keinginan Partai Demokrat untuk menjadi Ketua Panitia Khusus Hak Angket Century Gate. Padahal, sebelumnya, partai yang mengusung Presiden SBY naik ke panggung politik ini paling hati-hati memberi dukungan hak angket. “Biar rakyat yang menilai siapa yang dari awal konsisten untuk melawan ini,” tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.