Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UMN Siapkan Pemimpin Berjiwa Wiraswasta Berbasis Teknologi

Kompas.com - 02/12/2009, 08:02 WIB

KOMPAS.com - Universitas Multimedia Nusantara yang didirikan Kelompok Kompas Gramedia, diresmikan Rabu (2/12) ini. UMN diluncurkan di Hotel Santika Jakarta pada 20 November 2006, dan sejak awal memiliki visi dan misi "Turut Serta Mencerdaskan Kehidupan Bangsa".

Tiang pancang pembangunan kampus UMN dilakukan Jumat 5 September 2007 oleh Presiden Direktur Kompas Gramedia Jakob Oetama dan Presiden Komisaris PT Summarecon Agung Tbk Soetjipto Nagaria.

Kampus UMN hadir setelah Kompas Gramedia sebagai industri media terbesar dan terdepan di Asia Tenggara, lebih dari 40 tahun berkiprah mencerdaskan kehidupan bangsa melalui media (buku, suratkabar, majalah, radio, dan multimedia).

Jakob Oetama, yang juga salah seorang pendiri Kompas Gramedia mengungkapkan filosofi berdirinya UMN.  “Kami, saya dan Pak Swantoro, awalnya guru. Semangat ini yang hendak kembali kita hidupkan. Lewat UMN, Kompas Gramedia mendidik, menyiapkan generasi muda bukan saja terampil menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi juga berkarakter baik untuk membangun dan mengangkat harkat dan martabat manusia dan bangsa,” kata Jakob.

Cerdas dan berkarakter baik. Nilai-nilai inilah yang selama ini terbukti merekat kuat Kompas Gramedia sebagai holding company. Nilai-nilai ini skaligus menjadikan Kompas Gramedia eksis sampai sekarang, tetapi juga mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman. Nilai dan semangat ini diadopsi UMN, dan tercermin dalam pendidikan formal (kurikulum yang terintegrasi, terutama dalam mata kuliah Pengembangan Kepribadian) dan perilaku sehari-hari sivitas akademika.

Kegiatan perkuliahan UMN pada awalnya dilaksanakan di Wisma BNI 46 di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat. Pada tahun pertama perkuliahan 2007/2008 tercatat ada 126 mahasiswa  Memasuki tahun kedua, 2008/2009, jumlah mahasiswa meningkat menjadi 480 orang.

Melihat animo masyarakat begitu besar untuk kuliah di UMN, akhirnya diputuskan untuk pindah kampus ke Gading Serpong. Selama kampus UMN dibangun di kawasan Scientia Garden di Gading Serpong, mahasiswa kuliah di Plaza Summarecon di Serpong.

Tahun ketiga, 2009/2010, jumlah mahasiswa UMN melonjak drastis, menjadi 1.080 orang. Mereka inilah yang akan menikmati kegiatan perkuliahan di kampus baru UMN di Scientia Garden ini. Arsitektur gedung baru yang modern, dirancang sedemikian rupa, sehingga menjadi sebuah kawah candradimuka tetap bernuansa akademis, sekaligus nyaman sebagai green campus.

Metode pembelajaran UMN berbasis pengalaman (experience-based learning) melalui berbagai latihan, riset lapangan, praktek kerja dan role-play yang disertai penguasaan teori.

UMN memiliki beberapa program studi pilihan, yakni Fakultas Komunikasi dengan program studi Ilmu Komunikasi dan Desain Komunikasi Visual; Fakultas Teknologi Informasi dengan program studi Teknik Informatika, Sistem Komputer, dan Sistem Informasi; Fakultas Teknik dengan program studi Teknik Arsitektur, Teknik Sipil, dan Teknik Industri; serta Fakultas Ekonomi dengan program studi Manajemen dan Akuntansi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com