Kejaksaan Akan Ambil Sikap soal "Gurita Cikeas"

Kompas.com - 28/12/2009, 13:30 WIB
EditorEdj

JAKARTA, KOMPAS.com — Kejaksaan Agung sedang mempelajari buku Membongkar Gurita Cikeas karya George Junus Aditjondro yang menjadi pro kontra untuk mengambil sikap resmi. Kejaksaan akan mengeluarkan keputusan apakah buku itu akan dilarang untuk diedarkan atau tidak.

"(Buku) baru dapat hari ini. Baru dipelajari. Sekarang kami mengumpulkan staf ahli dalam berbagai bidang ilmu untuk mendiskusikan buku ini," ucap Jaksa Muda Intelijen Kejaksaan Agung, Amari, ketika dihubungi wartawan, Senin (28/12/2008).

Amari menjelaskan, untuk mengambil keputusan, pihaknya harus memerhatikan segala aspek baik ketertiban umum serta hak asasi manusia untuk menyampaikan pendapat. Setelah dipelajari, Kejaksaan akan mengomunikasikan dengan instansi lainnya.

Ketika ditanya instansi mana saja yang akan dikomunikasikan, ia menjawab, "Belum bisa dikatakan mana saja," kata Amari.

Ditanya apakah Kejaksaan mendapat arahan dari pihak lain untuk melakukan pemeriksaan, ia menegaskan tidak ada arahan dari siapa pun. "Enggak ada. Buku ini kemarin disorot maka kita proaktif sebagai salah satu tugas kita menjaga ketertiban umum," kata dia.

Kapan keputusan akan keluar? "Tergantung staf nanti membaca buku ini. Mengambil sikap itu kan tidak seperti anak sekolah yang membaca buku baru. Kita akan telusuri lebih dalam dan kritis. Kita cari payung hukumnya. Saya belum bisa menjanjikan. Mudah-mudahan dua atau tiga hari ada keputusan," jelas dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.