Syafi'i Maarif: Tak Ada Latar Belakang Politik

Kompas.com - 01/02/2010, 15:04 WIB
Editorhertanto

JAKARTA, KOMPAS.com — Terkait dengan diselenggarakannya Deklarasi Nasional Demokrat yang melibatkan puluhan tokoh, Syafi'i Maarif yang biasa disapa Buya ini memberikan tanggapannya.

Salah satu deklarator itu mengatakan, deklarasi tersebut hanya sebagai gerakan kemasyarakatan. Tidak ada alasan politis di balik penyelenggaraan acara yang berlangsung sore ini tersebut.

"Enggak tahu perkembangannya, itu kan sekarang gerakan kemasyarakatan aja. Ndak ada gerakan politik," kata pendiri Syafi'i Maarif Institute tersebut, Senin (1/2/2010) di Jakarta.

Pria yang akrab dipanggil Buya tersebut mengatakan, saat ini ia hanya menjadi deklarator dan tidak punya kapasitas penting di dalamnya. "Saya hanya salah satu deklarator. Saya bukan bagian penting di sana," lanjut Buya.

Buya juga mengatakan, saat ini citra partai politik sudah merosot jauh sekali. "Citra semua partai politik merosot jauh sekali. Elite memeras rakyat. Rakyat memeras elite. Dan ini akan melumpuhkan demokrasi," katanya.

Keikutsertaan dia dalam deklarasi tersebut adalah berkat ajakan seorang tokoh. "Ada beberapa orang yang ajak saya," ujar Buya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.