Wow... UGM Peringkat Satu Webometrics di Indonesia!

Kompas.com - 12/02/2010, 10:37 WIB
Editorlatief

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali menduduki peringkat pertama di Indonesia dalam daftar perguruan tinggi terbaik dunia versi Webometrics 2010. Dalam daftar 100 terbaik di Asia Tenggara, UGM ada di peringkat kedelapan, diikuti oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) di peringkat 10, dan Universitas Indonesia (UI) di urutan ke-17.

Peringkat pertama dalam daftar 100 perguruan tinggi terbaik se-Asia Tenggara Webometrics 2010 itu ditempati National University of Singapore, diikuti Kasetsart University Thailand, dan Prince of Songkla University Thailand. Dalam daftar itu, terdapat 17 perguruan tinggi asal Indonesia, yang di antaranya adalah Universitas Kristen Petra Surabaya (19), Universitas Gunadarma Jakarta (24), Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (31), Universitas Islam Indonesia Yogyakarta (74) dan Universitas Negeri Yogyakarta (100).

Kepala Humas dan Protokol UGM Suryo Baskoro mengatakan, peringkat terbaik di Indonesia dalam daftar Webometrics UGM tersebut telah bertahan selama tiga tahun, sejak 2008. Menurut Suryo, tidak ada usaha khusus dari UGM untuk mencapai peringkat tersebut. Meskipun Webometrics diakui hanya menilai kualitas perguruan tinggi secara parsial, UGM menyambut baik upaya tersebut.

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta, Rochmat Wahab mengatakan, masuknya sebuah perguruan tinggi dalam sebuah pemeringkatan dunia akan mempermudah kerja sama dengan pihak asing. Selain itu, peringkat dunia juga merupakan pengakuan internasional terhadap kualitas akademik terhadap perguruan tinggi bersangkutan.

Webometrics adalah lembaga yang berafiliasi dengan Dewan Riset Nasional Spanyol. Dalam setahun, badan ini mengeluarkan daftar peringkat, yaitu Bulan Januari dan Juli. (IRE)



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X