Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tenangkan Siswa, Sekolah Siapkan Istighosah

Kompas.com - 05/03/2010, 15:21 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Beberapa sekolah di Semarang Tengah menyiapkan istighosah atau doa bersama untuk memohon kelancaran menghadapi penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) 2010.

"Persiapan secara materi diperlukan, namun persiapan secara mental spiritual juga tidak boleh dilupakan," kata Kepala SMAN 12 Semarang Titi Priyatiningsih di Semarang, Jumat (5/3/2010).

Titi mengatakan, pihaknya tetap akan menggelar doa bersama tersebut seperti saat menghadapi UN tahun lalu. Kegiatan ini akan diikuti oleh seluruh pelajar SMAN 12, terutama kelas XII.

"Kami belum menetapkan harinya, namun yang jelas digelar menjelang pelaksanaan UN," terangnya.

SMAN 12 Semarang, kata Titi, memiliki pelajar kelas XII sebanyak 254 orang yang dibagi dalam tujuh kelas. Sebanyak 111 pelajar dari program IPA, 113 pelajar program IPS, serta 30 pelajar di program bahasa.

"Selain istighosah, kami juga mengundang motivator untuk membantu para pelajar menambah motivasi belajar dan meningkatkan kepercayaan dirinya dalam menghadapi UN," katanya.

Sementara itu, Wakil Kepala SMAN 3 Semarang Didik Pradigdo mengatakan, pihaknya juga telah menyiapkan penyelenggaraan istighosah sebagai penyejuk mental dan spiritual siswa yang akan menghadapi UN. "Disadari atau tidak, berbagai persiapan yang dilakukan menghadapi UN membuat siswa merasa tertekan, sehingga dibutuhkan siraman rohani," katanya.

Didik mengatakan, pihaknya berencana menggelar kegiatan itu pada 19 Maret 2010. Kalaupun nantinya rencana itu berubah tidak akan jauh dari tanggal tersebut, sebab pada 22 Maret 2010 siswa sudah mengikuti UN.

"Kami mengharapkan penyelenggaraan istighosah ini dapat membuat pelajar merasa tenang dan tenteram secara psikologis, sehingga dapat menjalani UN dengan baik," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau