Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lulus PMDK IPB, tetapi Tak Lulus UN...

Kompas.com - 26/04/2010, 09:24 WIB

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nurmulia Rekso Purnomo

JAKARTA, KOMPAS.com — Hasil ujian nasional tingkat SMA/sederajat diumumkan hari Senin (26/4/2010) pagi ini. Tak terkecuali pada SMA Negeri 1 Depok, Jawa Barat. Pengumuman kelulusan di SMU dipublikasikan melalui situs web sekolah dan juga pemberitahuan melalui surat.

Tahun ini Siswa diperbolehkan mengikuti ujian perbaikan beberapa kali. Hal itu tentunya sesuatu yang sangat berbeda dengan apa yang terjadi tahun lalu, di mana kesempatan mengulang hanya sekali. Tentunya hal itu akan mengurangi histeria yang terjadi, seperti pada siswa-siswa yang gagal di sejumlah sekolah di UN tahun-tahun sebelumnya.

Menurut Wakil Kepala SMA Negeri 1 Depok Wirdhan Ahyat, hasil yang didapat siswanya tahun ini mengalami peningkatan. Rata-rata nilai siswa naik. Jika tahun lalu nilai rata-rata siswa 7,0, tahun ini nilai rata-ratanya menjadi 8,09.

Meski demikian, ada dua siswa yang gagal lulus di sekolah ini. Salah satunya adalah peraih PMDK untuk Institut Pertanian Bogor (IPB). "Walaupun gagal, tradisi di sini mengutamakan kejujuran, tidak ada drama," tutur Wirdhan.

Menurut dia, cara yang sekolah terapkan tahun ini tidak begitu berbeda dengan apa yang sekolahnya terapkan tahun lalu. Kurun waktu try out, pendalaman materi, hingga bimbingan personal.

Menarik, hasil try out tahun ini ternyata sama sekali tidak mencerminkan hasil UN. Di sekolah ini, hasil try out menunjukkan ada 29,6 persen (55 orang) siswa gagal dalam ujian, tetapi pada kenyataannya hanya ada dua. Hal yang sama terjadi pada SMA lainnya di Depok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com