12.000 Remaja Putus Sekolah, Mau Bantu?

Kompas.com - 11/06/2010, 10:22 WIB
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com - Program kampanye Save a Teen kembali diluncurkan, Kamis (10/6/2010), untuk mengajak semua elemen masyarakat berkontribusi menyalurkan bantuan finansial kepada generasi muda berprestasi dan berkarakter yang berasal dari keluarga kurang mampu untuk bisa mengenyam pendidikan.

Sampai saat ini, fenomena tingginya angka remaja putus sekolah di Indonesia masih sangat memprihatinkan. Data Kementrian Pendidikan Nasional RI hingga 2008 lalu mengungkapkan, 1,5 juta remaja Indonesia tidak dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya.

Penyebab utama persoalan tingginya angka putus sekolah adalah keterbatasan ekonomi. Hal ini menggambarkan strata ekonomi di Indonesia yang lebih dari 30 juta penduduknya masih berada di bawah garis kemiskinan.

"Program ini untuk membantu memastikan para remaja kita yang membutuhkan bantuan mendapatkan pendidikan yang layak, karena hal itu bukan semata tanggung jawab pemerintah, melainkan juga kita semua. Kita harus mampu menjembatani perbedaan untuk membangun keberhasilan pembangunan ini," kata Managing Director Putera Sampoerna Foundation Nenny Soemawinata terkait program tersebut kepada Kompas.com, Jumat (11/6/2010).

Nenny mengatakan, untuk tujuan itulah program ini menargetkan dapat membiayai 12.000 remaja Indonesia yang putus sekolah. Kampanye digaungkan dengan menggandeng mitra-mitra dari berbagai sektor industri seperti perbankan, telekomunikasi, restoran, bahkan hiburan, yang masih memiliki kepedulian tinggi mewujudkan kesetaraan peluang remaja putus sekolah mendapatkan pendidikan berkualitas.

Untuk periode 2010 ini, lanjut Nenny, mitra Save a Teen bertambah hingga 45 perusahaan yang bersedia melibatkan konsumennya untuk turut mendukung kampanye ini. Diharapkannya, kemitraan mewujudkan kampanye ini dapat menjadi aksi donasi yang aman, nyaman, terjangkau, dan menyenangkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.