Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sediakan Alat Hiburan Selain TV

Kompas.com - 20/07/2010, 16:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Hari Tanpa TV akan dilaksanakan pada hari Minggu (25/7/2010). Untuk melaksanakan hari tanpa televisi tersebut, para orangtua diimbau menyediakan alternatif hiburan lain bagi anak.

"Di dalam keluarga harus punya perabotan atau alat hiburan lain selain televisi untuk menyambut Hari Tanpa TV, Minggu besok," ucap Paulus Widiyanto, Ketua Masyarakat Komunikasi dan Informasi (MAKSI), dalam diskusi bertema partisipasi publik dalam peningkatan kualitas penyiaran, yang diselenggarakan di Universitas Al-Azhar, Selasa (20/7/2010).

Menurutnya, Hari Tanpa Televisi merupakan salah satu alternatif untuk mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap televisi, khususnya anak-anak. Keluarga, dalam hal ini orangtua, harus menyediakan alat atau perabotan hiburan lain selain televisi agar anak bisa menghabiskan waktunya dalam sehari pada 25 Juli besok.

"Di keluarga saya ada perpustakaan. Itu bisa menjadi alat hiburan lain selain televisi. Bagaimana dengan keluarga lainnya?" tutur pria berusia 60 tahun tersebut.

Dia mengatakan, untuk menyukseskan program Hari Tanpa TV tersebut, adanya alternatif hiburan lain menjadi hal yang penting untuk disediakan. Jikalau tidak, maka anak-anak dapat melakukan hal-hal yang negatif untuk mengisi kekosongan hari tersebut.

Ia menambahkan, jangan hanya menyelenggarakan Hari Tanpa TV, tetapi juga untuk selanjutnya dapat mengadakan jam tanpa televisi. "Jam tanpa televisi itu baik untuk membatasi penggunaan televisi, jadi jangan hanya Hari Tanpa Televisi," lanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com