Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelatihan Technopreneurship 2010 Dibuka

Kompas.com - 26/07/2010, 10:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Dr Ir Herry Suhardiyanto, MSc, Senin (26/7/2010), dijadwalkan membuka acara pelatihan Technopreneurship atau Intensive Student Technopreneurship Program (i-STEP) 2010.

Hal itu dikatakan Direktur Recognition and Mentoring Program (RAMP) IPB Dr Ir Aji Hermawan, MM di Bogor, Senin. Dia mengatakan, RAMP IPB mulai Senin ini hingga 9 Agustus 2010 menyelenggarakan pelatihan i-STEP 2010.

Pembukaan pelatihan dipusatkan di CICO Resort, Kelurahan Cimahpar, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat.

Aji Hermawan mengatakan, program i-STEP merupakan kegiatan tahunan yang digagas oleh RAMP IPB sejak tiga tahun lalu, dan i-STEP tahun 2010 merupakan yang keempat diselenggarakan RAMP.

Program i-STEP, lanjut dia, digagas sebagai upaya RAMP dalam mengembangkan bakat dan talenta wirausahawan muda yang memiliki kepedulian dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi bangsa.

Mereka yang disertakan dalam program tersebut adalah para mahasiswa terbaik dari berbagai perguruan tinggi (PT) terkemuka di Tanah Air, yang memiliki minat untuk pengembangan invensi, inovasi, serta memiliki ide atau solusi teknologi untuk menyelesaikan permasalahan dalam bidang air, energi, kesehatan, pertanian, atau keanekaragaman hayati.

Pelatihan i-STEP diselenggarakan di dua tempat, yaitu di CICO Resort Cimahpar dan Kampus IPB Bogor.

"Peserta yang mengikuti pelatihan technopreneurship merupakan hasil rangkaian seleksi yang dilakukan secara ketat oleh RAMP IPB. Persyaratan yang harus dipenuhi peserta, antara lain, memiliki temuan yang berkaitan dengan bidang air, kesehatan, energi, pertanian, dan keanekaragaman hayati," kata Aji Hermawan, yang juga menjabat sebagai Wakil Sekjen Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Penyelenggaraan pelatihan tersebut bersifat cuma-cuma alias gratis selama dua minggu.

Selain itu, para peserta juga diberi pengganti biaya transportasi pergi-pulang, akomodasi (penginapan), makan, snack, termasuk semua materi.

Dikemukakannya bahwa inti pelatihan adalah bagaimana menumbuhkan ide inovasi teknologi dan membawanya sampai menjadi suatu bisnis atau usaha yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Kami mengistilahkannya sebagai from idea to impact," katanya.

Pada hari pertama pelatihan i-STEP, sejumlah pakar dipastikan mengisi materi, yaitu Rektor IPB Herry Suhardiyanto, Direktur Utama CV Cihanjuang Inti Teknik Eddy Permadi, Direktur Majestik Buana Group Eddy Permadi, dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB, serta penerima fasilitas program RAMP Prof Dr Aro Purbayanto dan Nicp Daniar Atmaja, yang tak lain merupakan alumni i-STEP 2008 dan penerima fasilitas mentoring RAMP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com