Pelajar Yunani Belajar Indonesia

Kompas.com - 22/08/2010, 01:36 WIB
EditorJodhi Yudono

LONDON, KOMPAS.com--Duta Besar RI untuk Yunani, Ahmad Rusdi, melepas tiga peserta Darmasiswa dari Yunani yang dengan antusias ingin belajar Budaya Indonesia.

Acara pelepasan berlangsung dalam acara santap malam bersama di Wisma Duta Athena, ujar Pelaksana Fungsi Pensosbud KBRI Athena, Jani Sasanti, dalam keterangan persnya yang diterima Antara, London, Sabtu.

Santap malam ini yang sekaligus sebagai sarana pengenalan budaya Indonesia melalui nuansa Wisata Duta yang ditata dengan barang kerajinan dari Indonesia, seperti ukiran Bali dan Jepara, alat musik Gamelan, hiasan dinding dan lukisan Indonesia, kain batik dan tenun.

Selain itu, juga tersedia suguhan makanan dan kue-kue khas Indonesia seperti gemblong, bubur kacang hijau, ketan hitam, dan es teler.

Jani Sasanti mengatakan, antusiasme tinggi para peserta telah terlihat sejak mereka mendapatkan informasi diterima sebagai penerima beasiswa Darmasiswa oleh Pemerintah Indonesia melalui Kemdiknas RI.

Animo ini semakin meninggi menjelang keberangkatan, yang ditunjukkan dengan diajukannya berbagai pertanyaan mengenai Indonesia secara rinci kepada Duta Besar dan para staf KBRI yang hadir dalam acara jamuan makan malam tersebut.

Pada tahun ini, tiga orang peserta Darmasiswa dari Yunani diterima di dua perguruan tinggi di Bali. Satu peserta diterima di jurusan Bahasa Indonesia pada Universitas Udayana, sedangkan dua peserta lainnya diterima di jurusan Seni Kriya, ISI Denpasar.

Dubes Ahmad Rusdi dalam sambutannya menyampaikan, agar para peserta dapat mempergunakan kesempatan belajar yang telah diberikan Pemerintah Indonesia untuk mempelajari bahasa dan keanekaragaman budaya Indonesia dengan sebaik-baiknya.

Diharapkan, para peserta dapat membantu program promosi seni budaya dan bahasa Indonesia kepada masyarakat Yunani sekembalinya mereka dari Indonesia.

Dubes juga menambahkan, jumlah peserta Darmasiswa dari Yunani selama ini masih terbatas, namun ia terus berupaya agar jumlah peserta Darmasiswa dari Yunani di tahun-tahun mendatang terus bertambah.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.