Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Fit, Ponaryo Konsumsi Sup Buah

Kompas.com - 23/08/2010, 13:02 WIB

PALEMBANG, KOMPAS.com - Sup buah menjadi menu berbuka puasa favorit gelandang jangkar Sriwijaya Football Club, Ponaryo Astaman, selama bulan Ramadhan 1431 Hijirah ini.

"Selama ini saya tinggal bersama keluarga, tidak di mes. Jadi, kami bisa membuat sup buah setiap hari," kata Ponaryo di Palembang, Sumatera Selatan, Senin (23/8/2010).

Pesepak bola 31 tahun ini mengaku tertarik akan rasa manis dan segar dari sup buah, sehingga tidak pernah melewatkan untuk menyantapnya setiap berbuka puasa. Menurut dia, beraneka ragam buah yang terdapat di dalam sup buah seperti melon, apel, blewah, rumput laut, dan anggur, dapat berfungsi mengenyangkan perut.

"Rasa haus dan lapar setelah sehari penuh berpuasa rasanya lenyap setelah makan sup buah," ujar pesepak bola kelahiran Balikpapan, 25 September 1979 ini.

Pada bulan puasa ini, pelatih Ivan Kolev tetap memberikan latihan kepada "Laskar Wong Kito". Meskipun telah dilakukan penyesuaian yakni latihan hanya dilakukan sore hari, namun Ponaryo tak membantah porsi latihan yang diberikan pelatih asal Bulgaria itu terbilang berat.

"Kolev tetap memberikan latihan, seperti biasa. Ada latihan fisik, game, dan teknik. Porsinya juga terbilang berat. Tapi, sebagai pemain profesional kami harus siap," kata mantan pemain Persija Jakarta ini.

Untuk mengantisipasi hal itu, Ponaryo mengaku banyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran saat berbuka dan sahur. Selain itu, di malam hari banyak mengkonsumsi air putih.

"Berolahraga membuat kita mengeluarkan banyak cairan. Supaya tidak dehidrasi harus banyak minum air," kata pemain yang sudah merumput bersama SFC sejak musim kompetisi 2009-2010 ini. (ANT)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com