Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wow, "Software" Pendidikan Kita Mendunia

Kompas.com - 21/10/2010, 13:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com Software atau peranti lunak pendidikan sains buatan Indonesia yang dikembangkan PT Pesona Edukasi terpilih sebagai finalis di salah satu kategori penghargaan bergengsi dunia untuk produk digital teknologi informasi dan komunikasi bidang pendidikan. Peranti lunak pendidikan sains Indonesia ini akan bersaing dengan produk negara-negara lain di ajang penghargaan BETT Awards 2011 di London, Inggris, yang diumumkan awal tahun depan.

"Penghargaan BETT Awards ini prestisius di kalangan internasional untuk TIK pendidikan. Software Indonesia bisa terpilih sebagai finalis, itu merupakan pengakuan luar biasa, kita mesti bisa melihat peluang ini untuk mengembangkan developer software pendidikan berkualitas dunia," kata Bambang Juwono, Managing Director PT Pesona Edukasi, di Jakarta, Kamis (21/10/2010).

PT Pesona Edukasi atau di dunia internasional dikenal sebagai AmazingEdu membuat peranti lunak animasi untuk pendidikan Fisika dan Matematika yang sesuai kurikulum sejak 1986. Peranti lunak yang sudah dibuat versi Inggrisnya itu telah diekspor ke 23 negara.

Hary Candra, Marketing Director PT Pesona Edukasi, mengatakan, peranti lunak pendidikan Indonesia tersebut masuk sebagai finalis di kategori Secondary, FE & Skills Digital Content. Produk yang bisa ikut antara lain harus memenuhi syarat sesuai kurikulum, aksesibel, menjadikan belajar efektif dan inovatif untuk guru dan siswa.

Pada tahun lalu, di ajang pameran teknologi pendidikan terbesar di dunia itu hadir hampir 30.000 pengunjung. Ada lebih dari 600 perusahaan yang ikut pameran yang berlangsung selama 27 tahun.

Hary mengatakan, sebenarnya Indonesia memiliki potensi untuk mengembangkan peranti lunak pendidikan berkelas dunia. Peranti lunak animasi Fisika dan Matematika PT Pesona Edukasi juga ambil bagian untuk bisa masuk dalam proyek Next Generation Interactive Textbook (NGIT) Singapura serta masuk lima besar dari 24 perusahaan internasional dalam proyek Edumall Singapura.

Pengembang peranti lunak Indonesia lainnya, PT Smart Soft Indo International, dipercaya menyediakan sistem manajemen sekolah ke NEC Asia di Singapura. Peranti lunak perusahaan ini dipakai di beberapa SD dan sekolah menengah di Negeri Singa itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com