Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rame-rame Kejar Paket C

Kompas.com - 03/11/2010, 12:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 1.613 orang mengikuti ujian nasional (UN) Kejar Paket C periode II tahun 2010 di wilayah Jakarta Barat, Selasa (2/11/2010). Mayoritas peserta adalah pekerja pabrik dan orang yang putus sekolah yang berusia rata-rata 30-40 tahun.

Ujian berlangsung di tiga lokasi, yaitu SMA Cengkareng I yang menampung 807 peserta, SMK Tunas Harapan untuk 513 peserta, dan SMK Primawisata untuk 293 peserta. Para peserta berasal dari 62 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) negeri dan swasta serta satu pondok pesantren di Jakarta Barat.

Kepala Suku Dinas Pendidikan Menengah Jakarta Barat Abdul Hamid mengatakan, sebagian besar peserta adalah karyawan yang tidak memiliki ijazah SMA dan ingin meningkatkan kemampuan mereka di tempat kerja.

”Ada juga orang-orang yang pernah putus sekolah lalu memutuskan untuk belajar lagi. Usia mereka antara 17 tahun dan 55 tahun,” katanya.

Salah satu karyawan itu adalah Usep (35), yang memiliki dua anak dan satu anak dalam kandungan. Dia ikut Kejar Paket C supaya dapat melanjutkan studi ke bangku kuliah.

”Saya sekolah hanya sampai SMP karena saudara-saudara saya banyak dan orangtua tidak mampu. Lalu saya bekerja,” ujar karyawan sebuah pabrik kimia di Kebon Jeruk itu.

Usep mengaku senang dapat ikut program Kejar Paket C karena biayanya tidak mahal dan tidak terlalu merepotkan. ”Saya tinggal masuk tiga kali sepekan dari Juni sampai November, lalu ikut ujian,” katanya.

Peserta tertua ujian Kejar Paket C pada periode kedua tahun ini adalah Zarkasi (55), ketua RW 1, Kebon Jeruk. Dia memiliki lima anak dan enam cucu. ”Saya ikut Kejar Paket C karena ingin memotivasi para pemuda di kampung saya agar mau belajar. Lagi pula anak saya sarjana semua, malu juga kalau tidak punya ijazah SMA,” ujarnya.

Sekretaris Kota Jakarta Barat Firdaus Mansyur mengatakan, para peserta Kejar Paket C tidak perlu khawatir karena ijazah yang diterima setara dengan ijazah SMA pada umumnya.

”Mereka tetap bisa masuk ke perguruan tinggi mana pun, sama seperti lulusan SMA sehingga tidak perlu takut atau malu untuk ikut Kejar Paket C,” katanya.

Standar kelulusan program Kejar Paket C juga sama dengan SMA, yaitu nilai rata-rata 5,50 untuk semua mata pelajaran yang diujikan, baik untuk jurusan IPA maupun IPS. (FRO)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com