Dibuka, Beasiswa Huygens ke Belanda!

Kompas.com - 19/11/2010, 11:04 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com - Pemerintah Belanda melalui Nuffic Neso Indonesia (NNI) kembali membuka kesempatan kepada para pelajar Indonesia meraih Beasiswa Huygens tahun akademik 2011/2012. Program beasiswa ini disiapkan untuk menjaring mahasiswa berprestasi dan berbakat yang sedang menempuh pendidikan di tahun terakhir program S-1 atau S-2, dan ingin melanjutkan studinya ke Belanda.

Beasiswa Huygens merupakan salah satu program beasiswa paling kompetitif di Belanda dan ditujukan hanya untuk para mahasiswa berprestasi dari seluruh dunia, termasuk Indonesia. Data NNI menunjukkan, Indonesia adalah salah satu negara yang masuk dalam penerima tertinggi program beasiswa ini. Pada 2010, dari 92 pelamar asal Indonesia, 12 orang di antaranya berhasil memperoleh Beasiswa Huygens.

Untuk periode 2011, NNI menetapkan syarat, pelamar harus masuk dalam jajaran 5 % yang terbaik berdasarkan IPK di program studi-nya di jenjang S-1. Beasiswa ini tidak mensyaratkan pengalaman bekerja terlebih dahulu, sehingga peserta fresh graduate pun diperbolehkan segera mendaftar.

Sebagai sebuah program beasiswa penuh, Beasiswa Huygens akan menanggung biaya kuliah serta biaya hidup selama menjalankan studi di Belanda. Beberapa persyaratan umum lain di antaranya adalah kelulusan di bawah satu tahun telah menerima admission letter dari salah satu universitas di Belanda. Maksimum usia pada saat program studi dimulai tak lebih dari 35 tahun, serta menerima nomination letter dari universitas yang dituju di Belanda.

Bagi yang berminat, batas akhir pendaftaran Beasiswa Huygens adalah 1 Februari 2011. Informasi terlengkap tentang program beasiswa ini sudah dapat diakses melalui http://www.nuffic.nl/huygens.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.