DPR: Tak Memveto atau Tak Ada UN Lagi?

Kompas.com - 30/11/2010, 19:27 WIB
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan mendukung pelaksanaan ujian nasional (UN) 2011 dengan syarat tidak menjadi penentu mutlak kelulusan siswa. Untuk itu, Komisi X DPR memberi waktu pada Kementerian Pendidikan Nasional dan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) untuk merumuskan formula baru UN yang tidak memveto kelulusan siswa sebelum masa sidang DPR berakhir pada pertengahan Desember nanti. 

"Jika pemerintah belum punya konsep, susah juga. DPR menawarkan dua pilihan pada pemerintah, yakni bisa UN untuk kelulusan dengan formula baru atau tidak ada UN lagi," kata Ketua Panitia Kerja (Panja) UN Komisi X Rully Chairul Azwar dalam rapat dengan pendapat bersama Kementerian Pendidikan Nasional di Jakarta, Selasa (30/11/2010).

Dalam pertemuan tersebut, Panja UN menyampaikan kriteria perbaikan formula kelulusan UN. Hasil UN tidak boleh memveto kelulusan, pelaksanaan UN harus sesuai dengan UU Sistem Pendidikan Nasional, dalam pelaksanaannya UN dapat dikelola dengan baik, dan bermanfaat untuk lebih meningkatkan mutu pendidikan.

 

"Sebenarnya UN untuk kelulusan boleh saja, namun siswa yang gagal UN bukan berarti langsung divonis tidak lulus," ujar Rully. 

"Penilaian lain dari sekolah juga mesti dilihat. Kalau ternyata tiga syarat lain yang dinilai sekolah bisa menutupi kegagalan siswa itu, ya, siswa bisa dinyatakan lulus. Itu namanya hasil UN tidak memveto penilaian sekolah," tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.