Status Tak Ada, Digaji pun Belum

Kompas.com - 20/01/2011, 10:36 WIB
EditorLatief

PEKANBARU, KOMPAS.com - Guru SDN 023 di daerah masyarakat adat Talang Mamak, suku asli Provinsi Riau, di Desa Talang Durian Cacar Kecamatan Rakit Kulim, Kabupaten Indragiri Hulu, belum juga menerima gajinya selama tiga bulan.

"SD negeri ini beroperasi sejak Oktober 2010 dan sampai sekarang guru belum menerima gaji," kata seorang guru, Bambang Eko Santoso, Kamis (20/1/2011).

Ia menjelaskan, hanya ada tiga guru di sekolah itu yang mengajar 35 siswa dari kelas satu hingga kelas lima. Hingga kini, para guru belum mengetahui status mereka sebagai pengajar di institusi pendidikan tersebut.

"Kami belum diangkat jadi pegawai. Kami sendiri bingung statusnya apa, tapi kami tetap semangat mengajar," katanya.

Seorang guru lainnya, Siti Rohmah mengatakan, para guru tetap semangat mengajar meski belum digaji tiga bulan dan kondisi sekolah yang serba kekurangan.

"Saya mengajar karena pengabdian," ujarnya.

Para guru di sekolah itu merangkap sebagai pengajar dua sampai tiga kelas secara bersamaan. Sebabnya, sekolah itu hanya memiliki dua ruang belajar. Mereka juga merangkap sebagai pengajar berbagai mata pelajaran untuk tiap kelas yang berbeda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Satu papan tulis juga digunakan untuk mata pelajaran kelas satu dan dua," katanya.

Daerah Talang Mamak di pedalaman Indragiri Hulu hingga kini masih minim perhatian pemerintah untuk pembangunan di segala sektor, terutama untuk infrastruktur dan pendidikan. Tingkat pendidikan masyarakat Talang Mamak juga sangat rendah, meski mereka adalah suku asli dari Riau.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.