Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Undip Galang Dana untuk Pulangkan Febri

Kompas.com - 25/03/2011, 20:08 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Jawa Tengah, meminta semua pihak mendukung upaya pemulangan Muhammad Febriyanto, anggota Paduan Suara Mahasiswa Undip yang sakit di Vietnam, saat mengikuti 1st Vietnam International Choir Festival and Competition, 16-20 Maret 2011. Untuk biaya pengobatan Febri, Undip menggalang dana dari berbagai kalangan.

Komitmen untuk pemulangan Febri ditegaskan Rektor Undip, Prof. Sudharto P Hadi, MES, PhD, Jumat (25/3/2011) di Semarang. "Secara institusi Undip tidak akan tinggal diam. Undip mendorong setiap elemen yang berkaitan dengan Undip membantu untuk menggalang dan mengumpulkan dana secara swadaya mengingat dana yang dibutuhkan sangat sangat besar," tutur Sudharto.

Mahasiswa S1 Imu Gizi Fakultas Kedokteran Undip itu, terbaring sakit di ICU Franco Vietnam Hospital, karena menderita pneumonia pada paru kanan.

Keterangan yang diperoleh Undip dari Konsulat Jenderal RI di Hoo Chi Minh City, vietnamangin (buble) di rongga kanan bawah Febri yang harus di sedot, serta di dada kanan terdapat penyumbatan sehingga mengakibatkan yang bersangkutan mengalami gangguan pernafasan.

Dari informasi tersebut, hingga Jumat penggunaan oksigen untuk Febri pada siang hari 55 persen dan pada malam hari 70 persen. Selain itu juga sedang dilakukan pemeriksaan CT Scan dan thorax yang diharapkan memberi hasil pemeriksaan yang jauh lebih akurat sehingga bisa lebih cepat untuk dipulangkan ke Tanah Air.

Sudharto juga menyampaikan terima kasih atas pemberitaan media yang memberi perhatian terhadap kondisi Febri, termasuk kepada Konsulat Jendral RI di Hoo Chi Minh City yang membantu Febri selama di Vietnam.

"Undip akan bertanggung jawab untuk biaya pengobatan, perawatan dan pemulangannya ke Tanah Air, baik secara institusi maupuan keswadayaan seluruh sivitas akademika dan alumni melalui kegiatan penggalangan dana yang sedang berjalan," kata Sudharto.

Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaa Undip Drs Warsito SU meminta pihak yang bersimpati dan ingin memberi bantuan agar menghubungi Undip, atau langsung menyerahkan bantuan ke ruang Pembantu Rektor III Undip. Bantuan juga dapat ditransfer ke Bank BTN nomor rekening: 00175-01-56-000026-0 atas nama Sumunaringsih.

 

 

 

 

 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com