Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Kalah, Bimbel Juga Gelar Istigasah!

Kompas.com - 14/04/2011, 13:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Bukan hanya pihak sekolah yang menggelar istigasah atau doa bersama dalam rangka menghadapi ujian nasional (UN) yang semakin dekat. Berdasarkan penelusuran Kompas.com, Kamis (14/4/2011), istigasah juga diselenggarakan oleh beberapa lembaga bimbingan dan konsultasi belajar (bimbel). 

Pelaksanaan UN yang semakin dekat tampaknya memang telah membuat banyak pihak semakin sibuk mempersiapkan berbagai hal. Tidak cukup hanya pendalaman materi dan try out, bahkan istigasah juga masuk dalam agenda persiapan UN.

Dewan Direksi Bimbel Quantum Aris Apriyanto kepada Kompas.com mengatakan, menjelang pelaksanaan UN dan akhir jam belajar, para siswa diajak melakukan doa bersama.

"Menjelang UN atau akhir bimbingan kami selalu mengadakan doa bersama," kata Aris, Kamis (14/4/2011) di Hek, Jakarta Timur.

Aris mengatakan, doa bersama dilakukan pada waktu-waktu khusus. Siswa tidak diwajibkan hadir.

"Tidak diwajibkan karena dilakukan pada malam hari. Di sela-sela jam belajar, siswa kami ajak untuk tahajud dan doa bersama," ujarnya.

Ditemui secara terpisah, salah seorang staf di Bimbel Nurul Fikri Kramat Jati, Tedy Juhara, juga mengemukakan hal senada. Tedy mengaku NF juga menggelar doa bersama secara rutin, khususnya setiap kali menjelang UN dan akhir bimbingan.

"Doa bersama rutin kami lakukan, terlebih menjelang UN untuk siswa kelas XII," kata Aris.

Ia menambahkan, doa bersama di NF sifatnya tidak mengganggu persiapan siswa menghadapi UN. Hal itu selain karena kemauan siswa, waktu pelaksanaannya pun dilakukan di sela-sela jam belajar.

"Kami lakukan di sela jam belajar, sekitar 15-20 menit," ujarnya.

Pada pelaksanaanya, tutur Tedy, tidak ada persiapan khusus. Doa bersama dilakukan di dalam kelas, antara siswa dan para pengajar.

"Ini hanya simbolis, tidak ada persiapan khusus," ujar Tedy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com