Ujian Nasional Diawasi CCTV

Kompas.com - 18/04/2011, 13:27 WIB
EditorA. Wisnubrata

MAKASSAR, KOMPAS.com — Pelaksanaan ujian nasional peserta tingkat SMA dan sederajat se-Makassar, yang diikuti 19.857 siswa, berjalan dengan pengawasan ketat. Di SMA Negeri 1 Makassar, pengawas menyita ponsel siswa dan memasang sejumlah kamera pemantau atau CCTV di ruang ujian dan beberapa titik strategis. Tujuannya, mengantisipasi kemungkinan terjadi kecurangan dalam pelaksanaan UN.

Sebelum siswa masuk, sejumlah pengawas telah menyita ponsel siswa. Pengawas juga memeriksa tas para siswa. Setelah dinyatakan steril, siswa diperbolehkan masuk sesuai dengan urutan ujiannya. Mereka juga terpantau sejumlah CCTV yang dipasang di beberapa lokasi.

Menurut Kepala SMA Negeri 1 Makassar H Sakaruddin, dengan adanya CCTV, siswa yang berniat melakukan kecurangan akan berpikir dua kali. "Kita andalkan CCTV untuk menjaga kemurnian UN. Makanya, kami sita HP dan CCTV ditaruh tak hanya di ruangan, tetapi di luar ruangan," kata Sakaruddin.

Siswa di SMA Negeri 1 yang mengikuti ujian sebanyak 1.266 siswa. Hari pertama siswa akan menghadapi ujian mata pelajaran Bahasa Indonesia, Biologi, dan Sosiologi IPS. Sejauh ini belum ada yang kedapatan berbuat curang dan tertangkap pengawas maupun CCTV.

Secara total ada 19.857 siswa ikut UN di Makassar. Jumlah ini terdiri dari 10.306 siswa dari 110 SMA negeri dan swasta, 1.402 siswa dari 25 madrasah aliyah , 44 siswa dari sekolah luar biasa (SLB), dan 8.465 siswa dari 85 SMK negeri dan swasta.

Sedangkan jumlah pengawas ada 2.186 orang yang ditempatkan menggunakan sistem silang dari sekolah penyelenggara ujian yang berbeda. Dengan sistem silang, diharapkan tidak ada guru yang memberikan bantuan penyelesaian soal kepada peserta ujian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    Rekomendasi untuk anda
    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.